Analisis Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Materi Vektor Kelas X SMA Terpadu Wira Bhakti

Authors

  • Surialin Surialin Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
  • Sarson W Pomalato Universitas Negeri Gorontalo
  • Tedy Machmud Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v9i2.4457

Keywords:

Analisis kesulitan menyelesaikan soal, Vektor

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo tahun ajaran 2020/2021 dengan tujuan untuk menganalisi dan mendeskripsikan kesulitan siswa serta faktor apa saja penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi vektor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis dengan bentuk studi kasus dimana peneliti meneliti secara intensif tentang kesulitan menyelesikan soal matematika pada materi vektor. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi vektor, siswa masi mengalami kesulitan dalam; (a) Penerapan fakta, (b) Penerpan Konsep, (c) Penerapan prinsip dan (d) Penerpan Operasi. Kesulitan ini dialami oleh siswa dari semua tingkat kemampuan. Faktor penyebab dari kesulitan diatas adalah; (a) tidak mampu menggali informasi yang ada dalam soal, (b) tidak mampu merubah suatu model matematika kedalam model lain, (c) salah dalam menggunakan rumus.

Downloads

Published

2021-12-20

How to Cite

Surialin, S., Pomalato, S. W., & Machmud, T. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Materi Vektor Kelas X SMA Terpadu Wira Bhakti. Media Pendidikan Matematika, 9(2), 43–51. https://doi.org/10.33394/mpm.v9i2.4457

Issue

Section

Articles

Citation Check