Eksplorasi Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Matematika Program Linier

Authors

  • Ita Chairun Nissa Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia http://orcid.org/0000-0002-9075-5946
  • Baiq Rika Ayu Febrilia Universitas Pendidikan Mandallika, Indonesia
  • Fitri Astutik Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v9i2.4467

Keywords:

Eksplorasi Kemampuan Siswa, Pemecahan Masalah, Masalah Matematika, Program Linier

Abstract

Program linier memiliki muatan materi yang menekankan pada metode penentuan nilai optimum (maksimum atau minimum). Masalah program linier pada umumnya disajikan dalam bentuk soal cerita yang melibatkan pertidaksamaan linier dan grafik garis lurus yang masing-masing memerlukan strategi dan pengetahuan yang berbeda. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan kemampuan siswa yang memecahkan masalah program linier dalam bentuk soal cerita dan dalam bentuk grafik. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 26 orang siswa kelas 11 SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan desain eksplanatoris sekuensial. Data kuantitatif diperoleh melalui tes dan data kualitatif diperoleh melalui wawancara. Analisa data dengan uji statistik komparatif dua pihak menghasilkan tstatistik = 3.63 > tkritis satu pihak = 2.05 pada α = 0.05 yang artinya Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan atas kemampuan siswa yang memecahkan masalah program linier dalam bentuk soal cerita dan dalam bentuk grafik. Hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan bagi pentingnya memberikan pengalaman pemecahan masalah kepada siswa secara konsisten, berkelanjutan dan beragam dalam tingkat kesukarannya.

Author Biographies

Ita Chairun Nissa, Universitas Pendidikan Mandalika

Program Studi Pendidikan Matematika

Fakultas Sains, Teknologi, dan Terapan

Universitas Pendidikan Mandalika

Baiq Rika Ayu Febrilia, Universitas Pendidikan Mandallika

Program Studi Pendidikan Matematika

Fakultas Sains, Teknologi, dan Terapan

Universitas Pendidikan Mandalika

Fitri Astutik, Universitas Pendidikan Mandalika

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi

Fakultas Sains, Teknologi, dan Terapan

Universitas Pendidikan Mandalika

Downloads

Additional Files

Published

2021-12-20

How to Cite

Nissa, I. C., Febrilia, B. R. A., & Astutik, F. (2021). Eksplorasi Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Matematika Program Linier. Media Pendidikan Matematika, 9(2), 72–83. https://doi.org/10.33394/mpm.v9i2.4467

Issue

Section

Articles

Citation Check