Respon Guru SD melalui Training of Teacher untuk Meningkatkan Kecapakan Matematis di Era Revolusi 4.0

Authors

  • Mira Nurhayati Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Aldi Putra Wijaya Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Fitri Rahmadhani Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Gresilia Situmorang Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Nizzah Aulia Ahsanah Mukarromah Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Zulkardi Zulkardi Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Novika Sukmaningthias Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Zuli Nuraeni Universitas Sriwijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v9i2.4484

Keywords:

Kecakapan Matematika, Respon, Training of Teachers.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Respon Guru SD melalui Training of Teacher untuk Meningkatkan Kecapakan Matematis di Era Revolusi 4.0. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian Deskriptif Kualitatif dengan melibatkan subjek sebanyak 6 guru SD Negeri 7 Lawang Kidul. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara angket setelah dilakukan pelatihan kepada guru selama 6 hari. Angket yang digunakan pada penelitian ini merupakan angket dengan jawaban terbuka. Pada angket memuat perihal refleksi dari pelatihan yang telah dilakukan sebelumnya. Data-data yang telah didapat kemudian diolah dan dianalisis secara Kualitatif Non Statistik yaitu, tanpa adanya perhitungan statistik, lalu hasil pada penelitian ini akan dideskripsikan melalui kalimat yang akan ditarik kesimpulannya. Hasil penelitian dari dilaksanakannya Training of Teachers (ToT) untuk meningkatkan kecakapan guru diihat dari data analisis dan pembahasan diperoleh bahwa guru telah mendapatkan beberapa informasi mengenai kecakapan yang diperlukan pada era revolusi industri 4.0 diantaranya belajar matematika dengan praktik, menggunakan media pembelajaran yang bervariasi, dan pengetahuan bahwa ketika seorang guru matematika yang mengajar itu harus menjadi seorang  guru yang menyenangkan dan bisa menjelaskan materi pembelajaran matematika dengan cara yang menarik.

Downloads

Published

2021-12-20

How to Cite

Nurhayati, M., Wijaya, A. P., Rahmadhani, F., Situmorang, G., Mukarromah, N. A. A., Zulkardi, Z., … Nuraeni, Z. (2021). Respon Guru SD melalui Training of Teacher untuk Meningkatkan Kecapakan Matematis di Era Revolusi 4.0. Media Pendidikan Matematika, 9(2), 116–125. https://doi.org/10.33394/mpm.v9i2.4484

Issue

Section

Articles

Citation Check