Deskripsi kemampuan matematika berdasarkan domain kognitif TIMSS Kelas VIII SMP Negeri 3 Gorontalo

Authors

  • Rina Nandrawati Usman Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
  • Nursiya Bito Fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
  • Dewi Rahmawaty Isa Fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v10i1.4874

Keywords:

Kemampuan, Matematika, TIMSS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan matematika siswa berdasarkan domain kognitif Timss kelas VIII SMP Negeri 3 Gorontalo.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Gorontalo.Pengumpulan data diperoleh dari data hasil tes kemampuan matematika berdasarkan domain kognitirf TIMSS dan wawancara yang digunakan sebagai data tambahan untuk mendeskripsikan kemampuan matematika berdasarakan domain kognitif TIMSS. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil tes kemampuan matematika dari 25 siswa terdapat 5 orang siswa dalam kategori tinggi dengan besar presentase 22,61%, 16 orang siswa dalam kategori sedang dengan besar presentase 57,27%, dan 4 orang dalam kategori rendah dengan besar presentase 11,61%. Artinya tingkat kemampuan matematika siswa berdasarkan domain kognitif Timss kelas VIII SMP Negeri 3 Gorontalo berada dalam kategori sedang.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Usman, R. N., Bito, N., & Isa, D. R. (2022). Deskripsi kemampuan matematika berdasarkan domain kognitif TIMSS Kelas VIII SMP Negeri 3 Gorontalo. Media Pendidikan Matematika, 10(1), 60–66. https://doi.org/10.33394/mpm.v10i1.4874

Issue

Section

Articles

Citation Check