Pengaruh media pembelajaran quizizz terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar pada siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v10i1.5039Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar, QuizizzAbstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode penelitian eksperimen, dengan desain true eksperimental design. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pengaruh Media Pembelajaran Kuis tentang Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika dan Kemandirian Belajar dalam Materi Dan Fungsi pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Raya adalah latar belakang permasalahan dalam penelitian ini. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 60 siswa, yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Tujuan umum yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Dalam Materi relasi dan fungsi Kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Raya. Lembar tes dan kuesioner adalah instrumen yang digunakan. Tes, kuesioner, dan wawancara adalah beberapa prosedur pengumpulan data yang digunakan. Berdasarkan hasil dari uji t dua sampel yang menggunakan nilai post-tes kelas eksperimen dan kontrol yaitu nilai uji t kemampuan pemecahan masalah matematis  4,39 > 1,67 dan kemandirian belajar  4,58 > 1,67. Paparan tersebut menetapkan bahwa penggunaan media pembelajaran Quizizz berdampak pada keterampilan dan kemandirian belajar matematika dalam kaitannya dengan materi relasi dan fungsi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â