Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Daring Materi Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Alas Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • Doni Ikhwansyah Pendidikan Matematika FSTT UNDIKMA, Indonesia
  • Sanapiah Sanapiah Pendidikan Matematika FSTT UNDIKMA, Indonesia
  • Eliska Juliangkary Pendidikan Matematika FSTT UNDIKMA, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v10i1.5066

Keywords:

Analisis Kesulitan, Daring, Aljabar.

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesulitan belajar matematika dalam pembelajaran daring pada materi aljabar terhadap siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Alas tahun pelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriftif kualitatif. Teknik penggumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik metode tes, angket, dan metode wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode tes tertulis, angket, dan tes wawancara dengan mengembangkan fakta-fakta atau kenyataan yang didapatkan dan dapat dikembangkan dari hasil penelitian yang dilakukan. Objek penelitian ini adalah faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar yang dialami siswa saat pembelajaran daring dalam menyelesaikan operasi aljabar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring pada materi operasi aljabar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Alas Tahun Pelajaran 2021/2022 adalah dapat dilihat dari beberapa siswa masih kesulitan untuk memahami materi sehingga pada saat diberikan soal masih terdapat kesalahan untuk menjawab karena tidak sesuai dengan konsep aljabar yang telah diberikan melalui aplikasi WhatsApp.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Ikhwansyah, D., Sanapiah, S., & Juliangkary, E. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Daring Materi Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Alas Tahun Pelajaran 2021/2022. Media Pendidikan Matematika, 10(1), 28–42. https://doi.org/10.33394/mpm.v10i1.5066

Issue

Section

Articles

Citation Check