Pengembangan instrumen suara untuk mengukur peningkatan karakter disiplin peserta didik dalam pembelajaran inquiry di SMPN 1 Jereweh

Authors

  • Endah Ekowati SMPN 1 Jereweh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v10i1.5308

Keywords:

Pengembangan, Instrument SUARA, Karakter, Disiplin, Pembelajaran Inquiry

Abstract

Pelaksanaan penilaian karakter peserta didik di sekolah masih diperlukan pengembangan instrument SUARA (Survey karekter) untuk meningkatkan karakter disiplin peserta didik. Disiplin penting bagi peserta didik agar menjadi manusia yang jujur, bertanggung jawab, kreatif, empaty serta ada rasa toleransi terhadap sesama. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Instrumen SUARA untuk meningkatkan karakter disiplin peserta didik dalam pembelajaran Inquiry pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri 1 Taliwang. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan oleh peneliti melalui praktik tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua untuk uji produk. Hasil pengembangan instrumen SUARA untuk menunjukkan hasil sesuai harapan yaitu terjadi peningkatan karakter Disiplin. Nilai Realibilitas Instrumen SUARA menunjukkan angka yang konsisten dari kelas yang dijadikan Subjek penelitian. Nilai koefisien reliabilitas ini konsisten 0.9109 memiliki reliabilitas yang tinggi.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Ekowati, E. (2022). Pengembangan instrumen suara untuk mengukur peningkatan karakter disiplin peserta didik dalam pembelajaran inquiry di SMPN 1 Jereweh. Media Pendidikan Matematika, 10(1), 67–83. https://doi.org/10.33394/mpm.v10i1.5308

Issue

Section

Articles

Citation Check