Pengaruh model pembelajaran matematika realistik terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas III SD

Authors

  • Lalu Abdul Aziz Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat, Indonesia
  • Trisna Kusuma Wardani UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA NUSA TENGGARA BARAT, Indonesia
  • Yuntawati Yuntawati UNDIKMA, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v10i2.5812

Keywords:

Matematika Realistik, Motivasi, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran matematika realistik terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 6 Cakranegara Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis quasi experimental dengan tipe penilitan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas III SDN 6 Cakranegara dengan tehnik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh.Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket dan tes hasil belajar kognitif (post-test). Data hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model matematika realistik dianalisis menggunakan analisis deskriptif, yaitu rata-rata keterlaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan selama dua kali pertemuan mencapai 94,4% (Sangat Baik). Data hasil belajar dan angket yang sudah didapatkan kemudian dianalisis dengan menguji hipotesis, diperoleh t hitung motivasi sebesar 411,55 dan t hitung hasil belajar sebesar 5,71 dimana t tabel yaitu 1,676 dan dapat dinyatakan kedua t hitung > dari t tabel. Hal ini menunjukakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, berarti Hipotesis dalam penelitian ini ada pengaruh model pembelajaran matematika terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 6 Cakranegara tahun ajaran 2021/2022 diterima .

Downloads

Published

2022-12-10

How to Cite

Aziz, L. A., Wardani, T. K., & Yuntawati, Y. (2022). Pengaruh model pembelajaran matematika realistik terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas III SD. Media Pendidikan Matematika, 10(2), 133–143. https://doi.org/10.33394/mpm.v10i2.5812

Issue

Section

Articles

Citation Check