Analisis proses berpikir siswa ditinjau dari wallas dalam menyelesaikan soal matematika pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII MTs NW Lingsar
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v10i2.6503Keywords:
berpikir, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel, WallasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa ditinjau dari Wallas dalam menyelesaikan soal matematika dengan pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di kelas VIII MTs NW Lingsar Tahaun Pelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi  penelitian ini adalah di MTs NW Lingsar. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa yang memiliki kategori tinggi, sedang dan rendah berdasarkan nilai akhir ulangan semester pada matappelajaran matematika.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini sebnayak 3 nomor soal essay pada mataeri Sistem Persamaan Linier Dua Variabel yang berbentuk soal cerita. Teknik pengumpulan data berupa memberikan tes, wawancara serta dokumentasi. Wawancara dilakukan untuk menggali informasi yang lebih mendalam terkait dengan hasil tes tertulis siswa sebelumnya. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari keseluruhan subjek baik kategori tinggi, sedang dan rendah pada proses persiapan, inkubasi, dan iluminasi siswa mampu memenuhi prose 3 indikator sedangkan di tahap proses verifikasi hanya S1 yang mampu memberikan proses yang benar, sedangkan subjek lain tidak bisa berdasarkan dari teori Wallas
Downloads
Published
2022-12-10
How to Cite
Muzaki, A., Juliangkary, E., & Stiaman, S. (2022). Analisis proses berpikir siswa ditinjau dari wallas dalam menyelesaikan soal matematika pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII MTs NW Lingsar. Media Pendidikan Matematika, 10(2), 194–200. https://doi.org/10.33394/mpm.v10i2.6503
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â