Hubungan efikasi diri terhadap motivasi belajar mahasiswa calon guru matematika
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v10i2.6620Keywords:
Self efficacy, motivation to learn, PLS-SEMAbstract
Hubungan antar variabel secara lebih kompleks bisa dianalisis dengan metode Structural Equation Modeling (SEM). Pendekatan SEM dibedakan menjadi Covariance based Structural Equation Modeling (CB-SEM) dan Partial Least Square based Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Pada PLS-SEM tidak mensyaratkan data berdistribusi normal multivariat dan dapat menggunakan sampel berukuran kecil. Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei, dengan data diperoleh melalui penyebaran 49 kuisioner pada calon guru matematika, yakni mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika semester akhir yang telah melaksanakan PPL. Kuisioner disebar dengan google form dengan 23 pertanyaan berskala likert. Sebagai calon guru matematika, penting mempunyai kepercayaan terhadap kemampuan dirinya, baik Efikasi Diri matematika, Efikasi Diri pengajaran matematika dan Efikasi Diri pengelolaan kelas. Motivasi belajar diperlukan untuk meningkatkan prestasi mahasiswa. Oleh karena itu, untuk memodelkan hubungan Efikasi Diri matematika, Efikasi Diri pengajaran matematika maupun Efikasi Diri pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar mahasiswa calon guru matematika digunakan analisis PLS-SEM. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara Efikasi Diri matematika, Efikasi Diri pengajaran matematika maupun Efikasi Diri pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar berpengaruh secara positif dan signifikan, yakni sebesar 74.4%. Adupun faktor lainnya mempengaruhi sebesar 25.6%.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â