Efektifitas model pembelajaran think talk write dengan make a match terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v10i2.6631Keywords:
Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW), Model pembelajaran Make a Match, Komunikasi Matematis SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan keefektifan model pembelajaran dengan menggunakan Think Talk Write (TTW) dan Make a Match terhadap peningkatan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas 1 sampai kelas 6 SDN 20 Dompu. Berdasarkan pengambilan sampel dengan cara Purposive Sampling diperoleh sampel kelas V SDN 20 Dompu. Jumlah siswa dalam kelas V dibagi 2 kelas yaitu kelas ekperimen I dengan jumlah 20 dan kelas eksperimen II dengan jumlah 18. Data dianalisis dengan menggunakan uji ANAVA satu jalur. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran Think Talk Write efektif digunakan dengan komnunikasi matematis siswa menunjukan peningkatan dengan gain 0,063 lebih dari taraf signifikansi . Sedangkan model pembelajaram Make a Match menunjukan peningkatan dengan gain 0,095 maka efektif digunakan pada kelas V SDN 20 Dompu. Pengunaan Model Pembelajaran Make a Match lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW).
Downloads
Published
2022-12-10
How to Cite
Pujiarti, T., & Ziaulhaq, M. (2022). Efektifitas model pembelajaran think talk write dengan make a match terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Media Pendidikan Matematika, 10(2), 222–230. https://doi.org/10.33394/mpm.v10i2.6631
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â