Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMKN 3 Pandeglang pada pembelajaran daring

Authors

  • Desti Agustini Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Aan Hendrayana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ilmiyati Rahayu Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v10i2.6721

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pembelajaran Daring, Matematis

Abstract

Berdasarkan tujuan mata pelajaran matematika, salah satu poin penting yang harus dikuasai oleh peserta didik yaitu kemampuan pemecahan masalah, namun selama masa pandemi Covid-19, SMKN 3 Pandeglang menerapkan pembelajaran daring sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan pemerintah yaitu belajar dari rumah. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMKN 3 Pandeglang pada pembelajaran daring. Jenis penelitian ini menggunakan Kualitatif Deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI TKJ 1 SMKN 3 Pandeglang. Pengambilan subjek pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dari nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematika sebanyak 3 subjek yaitu subjek dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data berdasarkan tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 26,66% siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah tinggi, 30% siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah sedang, dan 43,33% siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah rendah. Hasil angket dengan rata-rata nilai sebesar 59,46% menunjukkan respon siswa kurang positif terhadap pembelajaran daring. Berdasarkan hasil wawancara, siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis rendah tidak memiliki minat dan ketertarikan terhadap pembejaran daring sehingga siswa kurang mampu untuk memecahkan sebuah masalah matematis

Downloads

Published

2022-12-18

How to Cite

Agustini, D., Hendrayana, A., & Rahayu, I. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMKN 3 Pandeglang pada pembelajaran daring. Media Pendidikan Matematika, 10(2), 231–239. https://doi.org/10.33394/mpm.v10i2.6721

Issue

Section

Articles

Citation Check