Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Etnomatika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa PGSD

Authors

  • Titi Pujiarti STKIP Yapis Dompu, Indonesia
  • Ija Srirahmawati STKIP Yapis Dompu, Indonesia
  • Angga Putra STKIP Yapis Dompu, Indonesia
  • Fifi Fitriana Sari STKIP Yapis Dompu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v11i1.8230

Keywords:

Problem Based Learning, Etnomatika, Pemecahan Masalah, Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) berbasis Etnomatika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada mahasiswa semsester I PGSD STKIP Yapis Dompu. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental design dengan one-group­-pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah 156 orang dan sampel kelas IA PGSD yang diambil dengan cara Random Sampling. Normalitas data pretest-posstest dan N-Gain dengan menggunakan kolmogorov-smirnov. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi keterlaksanaan menggunakan Problem Based Learning (PBL) berbasis Etnomatika, lembar observasi aktivitas mahasiswa, dan soal pretest-posttest. Tehnik analisis data menggunakan uji t dan N-Gain. Hasil analisis one sample t-test dengan signifikansi N-Gain 0,000 kurang dari taraf signifikansi 0,05. Terdapat pengaruh penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) berbasis Etnomatika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) pada mahasiswa semsester I PGSD STKIP Yapis Dompu.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Pujiarti, T., Srirahmawati, I., Putra, A., & Sari, F. F. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Etnomatika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa PGSD. Media Pendidikan Matematika, 11(1), 40–50. https://doi.org/10.33394/mpm.v11i1.8230

Issue

Section

Articles

Citation Check