Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem-Based Learning Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v11i1.8288Keywords:
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kritis, Sekolah Menengah KejuruanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning (PBL) berorientasi kemampuan berpikir kritis siswa SMK yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) menggunakan model 4D (define, design, develop, and disseminate). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Teknik analisis data yaitu analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Validitas produk dinilai oleh dua validator dengan analisis skala likert. Kepraktisan ditentukan dari hasil observasi melalui lembar keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dan efektivitas diperoleh dari uji coba terbatas untuk menilai N-Gain. Hasil analisis data menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan: (1) Valid, dengan nilai rata-rata yang didapatkan sebesar 75%, (2) Praktis, persentase rata-rata keterlaksanaan kegiatan pembelajaran sebesar 91,17%, dan (3) Efektif, nilai rata-rata tes kemampuan berpikir kritis sebelum implementasi model PBL didapatkan sebesar 17,31 dan setelah implementasi sebesar 75,75 kemudian dilakukan uji N-gain dan didapatkan peningkatan sebesar 0.71. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning (PBL) berorientasi kemampuan berpikir kritis valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis.
Downloads
Published
2023-06-30
How to Cite
Maharani, F., Arjudin, A., Novitasari, D., & Subarinah, S. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem-Based Learning Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Media Pendidikan Matematika, 11(1), 19–30. https://doi.org/10.33394/mpm.v11i1.8288
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â