Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Beranimasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Integral Tak Tentu

Authors

  • Kurniawan Kurniawan Pendidikan Matematika FSTT UNDIKMA, Indonesia
  • I Ketut Sukarma Pendidikan Matematika FSTT UNDIKMA, Indonesia
  • Yuntawati Yuntawati Pendidikan Matematika FSTT UNDIKMA, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v11i1.8342

Keywords:

Powerpoint Interaktif beranimasi, Integral Tak Tentu, Meningkatkan Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa powerpoint interaktif beranimasi yang dapat meningkatkan pemahaman konses materi integral tak tentu siswa kelas XI IPA 1. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan 4D ( Define, Design, Develop, Dessiminate ). Pada tahap analisis, dilakukan identifikasi terhadap kebutuhan dan karakteristik siswa, serta analisis terhadapa materi integral tak tentu. Tahap desain melibatkan perencanaan konten, struktur, dan format media powerpoint. Tahap pengembangan melibatkan pembuatan slide powerpoint dengan penggunaan animasi yang relevan untuk memperkaya presentasi. Setelah media powerpoint interaktif beranimasi dikembangkan, uji coba media powerpoint interaktif beranimasi mendapatkan persentase rata-rata 94% dengan kategori sangat layak. Uji coba media powerpoint interaktif beranimasi pada kelompok terbatas (15 siswa) mendapatkan persentase rata-rata 91,33% dengan kategori sangat baik. Kemudian dilakukan uji coba kelompok besar (31 siswa) di SMA Negeri 2 Taliwang dengan desain pretest-posttest.  Nilai rata-rata tes awal sebesar 60 sedangkan nilai rata-rata tes akhir sebesar 81,33. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 yang berarti penggunaan media powerpoint interaktif beranimasi materi integral tak tentu efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Kurniawan, K., Sukarma, I. K., & Yuntawati, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Beranimasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Integral Tak Tentu. Media Pendidikan Matematika, 11(1), 110–127. https://doi.org/10.33394/mpm.v11i1.8342

Issue

Section

Articles

Citation Check