Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kearifan Lokal Bima Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v11i2.9562Keywords:
Modul, Pembelajaran Matematika, Kearifan Lokal Bima.Abstract
Pembelajaran matematika akan mudah dipahami jika dikaitkan dengan konteks daerah tempat tinggal siswa tersebut, sehingga menjadikan proses pembelajaran lebih bermakna. Namun dalam pelaksanaannya ada guru yang menggunakan bahan ajar yang kurang sesuai dengan lingkungan siswa, termasuk guru matematika di kabupaten Bima. Bahan ajar yang digunakan tidak merepresentasikan kondisi lingkungan yang ada di kabupaten Bima, ini menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan mengvisualisasikan model matematika ataupun bentuk matematika yang dimaksud. Pengembangan bahan ajar berupa modul berbasis kearifan lokal Bima untuk kelas awal ini penting di adakan untuk membantu siswa di daerah memahami konsep matematika secara utuh serta maksimal dalam mencapai hasil belajar. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menghasilkan produk bahan ajar berupa modul pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal Bima pada pembelajaran matematika siswa kelas awal. Tempat penelitian yang digunakan yaitu di SDN O’o di Kecamatan Donggo Kabupaten Bima. Adapun teknik pengambilan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan angket. Observasi dan wawancara dilakukan untuk mengumpulkan data awal sehingga bisa dijadikan acuan dalam perencanaan pengembangan modul matematika berbasis kearifan lokal Bima, adapun data hasil observasi dan wawancara ini dianalisis secara kualitatif. Adapun angket digunakan sebagai tolak ukur untuk mengetahui tingkat kevalidan produk yang divalidasi oleh tiga praktisi dan tiga ahli yaitu ahli materi, bahasa dan desain, data hasil validasi modul berupa skor yang kemudian dikelola dan dianalisis menggunakan analisis kuantitatif yang bersifat deskriptif.
Downloads
Published
2023-12-31
How to Cite
Wibowo, S. E., & Ardiansyah, R. (2023). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kearifan Lokal Bima Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa. Media Pendidikan Matematika, 11(2), 240–250. https://doi.org/10.33394/mpm.v11i2.9562
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â