Analisis Ketuntasan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di SMA Negeri 1 Karas Tahun Pelajaran 2017/2018 pada Mata Pelajaran Biologi Ditinjau dari Profil Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan dan Proses Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i1.959Keywords:
Hasil Belajar, Aspek Kognitif, Standar Nasional Pendidikan, Proses PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran biologi ditinjau dari profil pemenuhan standar nasional pendidikan dan proses pembelajaran yang dilakukan di SMA Negeri 1 Karas tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui observasi, penyebaran angket, dan wawancara langsung dengan guru dan peserta didik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan persentase pemenuhan 8 standar nasional pendidikan di SMA Negeri 1 Karas sebesar 81,48%. Hasil analisis Ujian Nasional selama tiga tahun terakhir pada mata pelajaran biologi menunjukkan bahwa terjadi penurunan nilai rerata penguasaan materi tingkat mata pelajaran biologi selama tiga tahun terakhir yaitu tahun 2015 sebesar 77,69 menurun di tahun 2016 menjadi sebesar 67,16 dan penurunan nilai rerata penguasaan materi biologi peserta didik berlanjut di tahun 2017 sebesar 56,04. Hasil angket proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah menurut guru telah mencapai 83,3% dan menurut peserta didik mencapai 65,7%. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah dilakukan sesuai dengan standar pelaksanaan kurikulum yang diterapkan di sekolah yaitu melalui pendekatan saintifik. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru menurut peserta didik sudah baik, namun perlu dikembangkan dan ditingkatkan agar hasil belajar kognitif peserta didik meningkat dan lebih bagus dari sebelumnyaReferences
Anderson W. L. & Krathwohl. R. David. 2014. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Revisi Taksonomi Bloom). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Anurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Arikunto. S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Aziz AA., Yusof KM., & Yatim JM. 2012. Evaluation on the Effectiveness of Learning Outcomes fromm Students' Perspectives. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 56, 22-30.
Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: AV. Publisher. Jihad., A. & Haris., A. 2013. Evaluasi Pembalejaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Jihad, A., & Haris, A. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kemdikbud. 2018. Rekap Hasil Ujian Nasional Tingkat Sekolah Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur. Online https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un. diakses pada 09 Januari 2018.
Lile, R., & Bran, C. (2014). The Assessment of Learning Outcomes. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 163, 125–131. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.12.297
Munzenmaier C. & Rubin N. 2013. Perspectives Bloom's Taxonomy: What's Old Is New Again. Santa Rosa: The eLearning Guild.
Paolini, A. (2015). Enhancing Teaching Effectiveness and Student Learning Outcomes, 15(1), 20–33.
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Puspaningrum. H., 2015. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Penggunaan Media Animasi pada Pokok Bahasan Sistem Koordinasi untuk Siswa Kelas XI SMAN 2 Simpang Hilir. Jurnal Visis Ilmu Pendidikan. Vol. 7. No. 3. Hal. 1822-1833
Putra. S.R. 2013. Desain Evaluasi Belajar Berbasis Kinerja. Jogjakarta: DIVA Press.
Sagala. S. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sudjiono. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rajawali Pers.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta
Suwastono. 2011. Pengembangan Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Penginderaan Jauh S-1 Jurusan Geografi Universitas Negeri Malang. Tesis. Tidak diterbitkan. Malang: PPS UM
Velzen VJ. 2016. Metacognitive Knowledge in Theory. Springer International Publishing Switzerland, (XII), 13-26.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.