User Menu
Author Guidelines
AUTHOR GUIDELINES
PEDOMAN PENULISAN
Naskah merupakan hasil penelitian atau kajian kepustakaan di bidang pendidikan, pengajaran dan pembelajaran,
Naskah merupakan tulisan asli penulis dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya dalam jurnal ilmiah lain,
Naskah dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.
Penulisan naskah mengikuti ketentuan sebagai berikut: Program MS Word Font Times New Roman Size 12 Spasi 1.0 Ukuran kertas A4 Margin kiri 3.17 cm Margin kanan 3.17 cm Margin atas 2.54 cm Margin bawah 2.54 cm  Maksimum 20 halaman
Naskah ditulis dengan sistematika sebagai berikut: Judul (huruf biasa dan dicetak tebal), nama-nama penulis (tanpa gelar akademis), instansi penulis (program studi, jurusan, universitas), email dan nomor telpon penulis, abstrak, kata kunci, pendahuluan (tanpa sub-judul), metode penelitian (tanpa sub-judul), hasil dan pembahasan, simpulan dan saran (tanpa sub-judul), dan daftar pustaka.
Judul secara ringkas dan jelas menggambarkan isi tulisan dan ditulis dalam huruf kapital. Keterangan tulisan berupa hasil penelitian dari sumber dana tertentu dapat dibuat dalam bentuk catatan kaki. Fotocopy halaman pengesahan laporan penelitian tersebut harus dilampirkan pada draf artikel.
Nama-nama penulis ditulis lengkap tanpa gelar akademis.
Alamat instansi penulis ditulis lengkap berupa nama sekolah atau program studi, nama jurusan dan nama perguruan tinggi. Penulis yang tidak berafiliasi pada sekolah atau perguruan tinggi dapat menyertakan alamat surat elektronik dan nomor telpon.
Abstrak. Naskah ini merupakan template untuk membantu menuliskan abstrak pada JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia. Naskah ditulis dengan program word versi 1995 (.doc) hingga 2007 (.docx). Abstrak ditulis maksimal 300 kata, dalam satu paragraf, dan tidak melebihi 1 halaman. Penulisan menggunakan jenis huruf Time New Roman ukuran 11 poin, tidak miring dan tidak tebal, rata kanan-kiri. Pada abstrak tidak menggunakan atau tidak memuat karakter khusus, simbol atau rumus matematika. Abstrak harus jelas, deskriptif dan memberikan gambaran utuh namun singkat tentang masalah yang diteliti. Abstrak harus memuat latar belakang masalah, urgensi penelitian, tujuan, metode dan ringkasan singkat hasil penelitian, dan diakhiri dengan simpulan singkat. Abstrak wajib ditulis dalam Bahasa Indonesia dan dilengkapi dengan versi Bahasa Inggrisnya setelahnya.
Kata Kunci: Terdiri atas 3 hingga 5 kata atau frase yang spesifik, Mencerminkan isi dari artikel, Time New Roman, 11pt, Italic. Hindari penggunaan singkatan.
Pendahuluan (12pt, bolt)
Naskah full paper menggunakan kertas ukuran A4. Naskah ditulis dengan program word versi 1995 (doc) hingga 2007 (docx) dan wajib ditulis dalam Bahasa Indonesia. Panjang full paper 8-15 halaman. Penulisan menggunakan jenis huruf Time New Roman ukuran 12 poin. Halaman tidak perlu diberi nomor halaman. Tidak boleh diberi catatan kaki (footnote). Naskah ditulis dengan batas atas 2.54 cm, batas bawah 2.54 cm, batas kiri 3.17 cm, dan batas kanan 3.17 cm. Â Naskah ditulis rata kiri-kanan (justify). Jarak antar baris 1 spasi. Antar paragraf tidak diberi ruang kosong. Awal kalimat setiap paragraf mengikuti batas naskah, jadi tidak dimulai menjorok ke kanan.
Pendahuluan ditulis seperti piramida terbalik, berisi pemaparan dari umum ke khusus mengenai pentingnya topik dan masalah yang harus dipecahkan dalam penelitian serta menyampaikan fakta mengenai topik yang dibahas berdasarkan hasil penelitian terdahulu (artikel dari jurnal internasional bereputasi atau jurnal nasional terakreditasi) yang relevan dan mutakhir dengan kurun waktu publikasi minimal 10 tahun terakhir atau teori yang sudah ada. Selanjutnya, peneliti mengidentifikasi gap antara masalah penelitian dengan fakta yang diperoleh dan memberikan rekomendasi untuk mengisi gap tersebut sehingga muncul keunggulan atau keunikan/kebaruan dari artikel. Pada bagian akhir pendahuluan, disampaikan tujuan dan hipotesis penelitian. Sebagai contoh, misalkan artikel dengan judul “Pengembangan Kompetensi Peserta didik dalam meningkatkan Kesadaran Diriâ€, Pada bagian pendahuluan dapat dituliskan mengenai Kondisi Pengembnagan Kompetensi Peserta Didik (paragraf pertama dan kedua dilengkapi dengan rujukan), Kondisi Kesdaran Diri (paragraf ketiga dan keempat dilengkapi dengan rujukan), Cara Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik (paragraf kelima mengidentifikasi penelitian-penelitian sebelumnya yang relevan dan mutakhir dari artikel jurnal nasional atau internasional sehingga memunculkan gap penelitian), RPG (paragraph keenam memunculkan keunggulan dan keunikan artikel), dan tujuan penelitian (sebagai penutup pendahuluan).
Kajian Pustaka
Kajian pustaka mengambarkan landasan teori dari variabel judul yang dikaji oleh penulis, serta mengambarkan komponen masing-masing variabel. Dalam kajian Pustaka ini penulis tidak mencantumkan sub judul. Jarak antar baris 1 spasi. Antar paragraf tidak diberi ruang kosong. Awal kalimat setiap paragraf mengikuti batas naskah.
Metode Penelitian
Metode menggambarkan langkah-langkah yang dilakukan selama penelitian. Pada bagian ini, tidak dibenarkan untuk menuliskan definisi dari istilah yang sudah umum diketahui (Contoh: Valid, Instrumen, Sampel, dsb). Perlu diperhatikan bahwa untuk artikel hasil penelitian maka metode penelitian harus dikemukakan dengan jelas meliputi proses dan rinciannya. Metode penelitian memuat subjek penelitian, deskripsi instrument dan cara memperoleh data yang disertai dengan penjelasan serta bagaimana menganalisis data. Artikel hasil kajian kepustakaan memiliki ketentuan pada perumusan masalah harus muncul secara eksplisit dan metode/cara mengkajinya harus dituliskan dibagian ini. Urutan yang dipaparkan pada bagian metode, harus sesuai dengan urutan pada bagian hasil penelitian.
Hasil dan Pembahasan
Isi naskah disusun sistematis dan terurut. Hasil dan pembahasan tidak terpisah. Untuk hasil penelitian format artikel terdiri dari pendahuluan (latar belakang dan kajian teori dapat dituliskan bergabung di pendahuluan jika ada), metode, hasil dan pembahasan diakhiri simpulan, dapat juga dituliskan saran. Sedangkan hasil kajian literatur format naskah terdiri dari pendahuluan (urgensi kajian atau latar belakang), metode, hasil kajian dan pembahasan, dan simpulan. Hasil dan pembahasan merupakan inti dari sebuah artikel, ditulis secara jelas dan memenuhi aspek scientific merit (unsur what/how?, why?, dan what else? Paparkan data yang telah diperoleh secara jelas dan ringkas, dapat berupa tabel, gambar atau diagram. Pada bagian pembahasan, penulis harus mengaitkan dengan cara melakukan pembandingan hasil penelitian dengan teori atau penelitian lain yang relevan dan mutakhir. Paparkan pembahasan sesuai dengan urutan tujuan penelitian. Apabila hasil penelitian berbeda dengan penelitian lain yang relevan, penulis perlu untuk memaparkan mengapa hal tersebut terjadi. Pada bagian ini kurang lebih 10 artikel dari jurnal internasional bereputasi atau jurnal nasional Terakreditasi mutakhir.
Penulisan Rumus (12 pt, bolt)
Untuk rumus-rumus matematika, yang dipandang utama dan diacu pada bagian selanjutnya, ditulis dalam satu baris tersendiri. Rumus ditulis menggunakan equation editor atau font symbol dengan mengikuti aturan penulisan miring (italic) dan tidak miring (regular) pada simbol.
Penulisan Tabel (12 pt, bolt)
Tabel ditulis rata tengah, diberi penomoran dan judul tabel. Garis tabel dengan garis biasa (tidak putus-putus dan tidak tebal). Tabel harus dibuat sesuai format berikut. Font judul dan isi tabel 10 pt.
Penulisan dan Penempatan Gambar (12 pt, bolt)
Gambar harus jelas dan memiliki kedalaman minimal 300 dpi. Gambar diberi nomor dan judul yang letaknya di bagian bawah gambar. Gambar dan judul ditempatkan rata tengah (center) terhadap naskah. Gambar disisipkan dalam satu baris pada naskah (in line with text). Setelah gambar, wajib diberi keterangan penjelasan tentang gambar tersebut. Tidak dibenarkan menyajikan beberapa gambar secara berturutan tanpa diberikan penjelasan/deskripsi gambar setelahnya.
 Simpulan (12 pt, bolt)
Simpulan ditulis singkat, padat dan menjawab tujuan dari artikel dan dapat disertai dengan rekomendasi penelitian, simpulan ditulis dengan paragraf, tidak dengan nomor.
Ucapan Terima Kasih (12 pt, bolt)
Ditujukan kepada berbagai pihak yang membantu penelitian, misalnya sponsor penelitian dan narasumber. Ucapan terima kasih bersifat optional, dapat dituliskan ataupun tidak.
Daftar Pustaka (12 pt, bolt)
Penulisan daftar pustaka menggunakan jenis huruf Palatino Linotype 10 pt dengan spasi 1, ditulis urut abjad dan baris kedua menjorok 1 cm dari baris pertama, dengan aturan penulisan sumber kepustakaan seperti buku dan berkala ilmiah sesuai contoh di bawah ini. Menggunakan minimal 15 rujukan dari sumber primer (jurnal nasional dan/atau internasional yang relevan dan mutakhir diatas tahun 2010) untuk menegaskan kontribusi berkualitas tinggi bagi pengembangan pengetahuan dan hanya mencantumkan sumber yang ditunjuk di dalam batang tubuh artikel. Sebaliknya, nama yang dirujuk dalam batang tubuh harus ada dalam daftar pustaka. Kutipan dan rujukan harus benar-benar mengikuti gaya APA (American Psychological Association). Gaya APA dapat dilihat di http://www.apastyle.org/pubmanual.html. Penulisan kutipan dan rujukan juga disarankan menggunakan aplikasi Mendeley (https://www.mendeley.com). Tidak dibenarkan merujuk dari website, blog dan sejenisnya. Cara merujuk pengarang di dalam batang tubuh artikel harus menyebutkan nama belakang pengarang, tahun. Contoh: (Delima, 2012), atau Delima (2012). Rujukan lewat pengarang kedua sedapat mungkin dihindari, misalkan: Noto (Hartono, 2012). Berikut aturan penulisan sumber kepustakaan seperti buku dan berkala ilmiah sesuai contoh di bawah ini.
Baxter, C. (1997). Race Equality in Health Care and Education. Philadelphia: Balliere Tindal.
Clark, L.A., Konchanska, G., & Ready, R. 2000. Mothers’ Personality and Its Interaction with Child Temperament as Predictors of Parenting Behavour. Journal of Personality and Social Psycology, 1(2), 274-285.
Dunkin, M.J. & Biddle, B.J. 1974. The Study of Teaching. New York: Holt Rinehart and Winston.
Â
Berikut ini adalah cara penulisan daftar pustaka dari berbagai sumber.
- 1.   Artikel Jurnal
Clark, L.A., Konchanska, G., & Ready, R. 2000. Mothers’ Personality and Its Interaction with Child Temperament as Predictors of Parenting Behavour. Journal of Personality and Social Psycology 1(2), 274-285.
- 2.   Buku Penulis tunggal
Baxter, C. 1997. Race Equality in Health Care and Education. Philadelphia: Balliere Tindal.
- 3.   Buku Penulis dua atau tiga
Dunkin, M.J., & Biddle, B.J. 1974. The Study of Teaching. New York: Holt Rinehart and Winston
Dunkin, M.J., Robert, B., & Biddle, B.J. 1974. The Study of Teaching. New York: Holt Rinehart and Winston
- 4.   Buku Penulis berupa tim atau lembaga
American Psychiatric Association. 1994. Diagnostic and Statistical manual of mental disorders 4th ed. Washington DC: Author
- 5.   Dokumen
NAACP. 1999. Calls for Presidential Order to Halt Police Brutality Crisis. Amerika: NCTM
- 6.   Buku Bukan edisi pertama
Mitchell, T.R., & Larson, J.R. 1987. People in Organizations: An Introduction to Organizational Behavior 3rd ed. New York: McGraw-Hill
- 7.   Buku berseri/multi volume (editor sebagai penulis)
Koch, S. (Ed,). 1959-1963. Psychology: A Study of Science (Vol. 1-6). New York: McGraw-Hill
- 8.   Buku Terjemahan
Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaa, Implementasi (Hendra Teguh & Ronny Antonius Rusli, Penerjemah). Jakarta: Prehanlindo.
- 9.   Artikel (bab) dalam buku yang diedit
Eiser, S., Redpath, A., & Roges, N. 1987. Outcomes of Early Parenting: Knowns and Unknowns. In A. P. Kern & L. S. Maze (Ed.). logical thingking in children (pp.58-57). New York: Springer.
10. Makalah seminar, konferensi, dan sjenisnya
Crespo, C. J. 1998. Update on National Data on Asthma. Paper presented at the meeting of the National Asthma Education and Preventation Program, March. New York: Springer.
11. Resensi buku dalam jurnal
Grabill, C. M., & Kaslow, N. J. 1999. Anounce of prevention: improving children’s mental health for the 21st century [Review of the book Handbook of prevention with children and adolescents]. Journal of Clinica Child Psychology, 1(28), 115-116.