EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK POSITIF REINFORCEMENT SURAT AT-TIN AYAT 4 TERHADAP PERCAYA DIRI SISWA MTs N SEMARANG

Authors

  • ufi nawa zakiyya Universitas Islam Negeri Salatiga, Indonesia
  • Ahmad Minan Zuhri Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga, Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/realita.v9i2.12781

Abstract

Abstrak. Percaya diri merupakan sikap positif individu yang memampukan dirinya untuk mengembangkan penilaian positif, baik terhadap dirinya maupun terhadap lingkungan atau situasi yang sedang dihadapinya. Idealnya percaya diri yang dimiliki individu haruslah berada pada kategori tinggi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan percaya diri yang terjadi pada siswa. Percaya diri memiliki peranan penting bagi semua individu terutama dalam bidang pendidikan. Percaya diri merupakan modal dasar seseorang dalam memenuhi berbagai kebutuhan sendiri. Setiap siswa harus memiliki rasa percaya diri untuk mengetahui kemampuan yang ada dalam dirinya dan mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok teknik positif reinforcement berdasarkan Q.S at-tin ayat 4 untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest yaitu pemberian test sebelum serta setelah dilakukannya treatment. Hasil penelitian ini menunjukan pada saat pretest dan posttest dilakukan pengujian untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap rasa percaya diri siswa kelas VIII E di MTs N Semarang setelah konseling kelompok teknik positif reinforcement berdasarkan Q.S At-tin ayat 4. Pengujian ini dilakukan menggunakan IBM SPSS Statistics 20.0. Nilai mean pada pretest yaitu 42,75 sedangkan setelah dilakukan treatment nilai mean mengalami peningkatan menjadi 80,38. Selain dilihat pada rata-rata nilai pretest dan posttest dilakukan uji hipotesis dengan hasil nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000 >0.05 maka dapat diambil kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan mean antara pretest dengan posttest hal ini menunjukan bahwa konseling kelompok teknik positif reinforcement berdasarkan Q.S At-tin ayat 4 efektif dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas VIII E di MTs N Semarang.

Kata Kunci: Positif Reinforcement, Percaya Diri

 

Downloads

Published

2024-10-24

How to Cite

zakiyya, ufi nawa, & Zuhri, A. M. (2024). EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK POSITIF REINFORCEMENT SURAT AT-TIN AYAT 4 TERHADAP PERCAYA DIRI SISWA MTs N SEMARANG. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 2508–2517. https://doi.org/10.33394/realita.v9i2.12781

Citation Check