PENGEMBANGAN MATERI PENCEGAHAN BULLYING UNTUK GURU BK MADRASAH
DOI:
https://doi.org/10.33394/realita.v9i2.13893Keywords:
bullyingAbstract
Bullying merupakan permasalahan serius yang sering terjadi di lingkungan sekolah, termasuk di madrasah, yang dapat berpengaruh negatif terhadap kesehatan mental dan perkembangan siswa. Guru Bimbingan dan Konseling (BK) harus memiliki peran dan strategi dalam mencegah dan menangani perilaku bullying di sekolah. Artikel ini membahas tentang pelaksanaan pelatihan pengembangan materi pencegahan bullying yang ditujukan untuk meningkatkan kompetensi guru BK madrasah dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan kondusif.Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang pengertian bullying, jenis-jenisnya, dampaknya terhadap siswa, contoh kasus, dan strategi intervensi yang efektif dalam menanggulangi pelaku dan permasalahan bullying. Pendekatan pelatihan meliputi metode partisipatif, seperti pemaparan materi bullying, diskusi dan sharing, serta simulasi kasus bullying yang pernah terjadi di sekolah. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa guru BK madrasah mampu merancang materi pencegahan bullying yang lebih sistematis, adaptif, dan sesuai dengan kebutuhan siswa di lingkungan mereka
Downloads
Published
2024-10-29
How to Cite
Nuryono, W., Mardiani, D. P., Minarsih, N. M. M., Istianah, F., Ningrum, M. A., Sania, F. N., … Ayu Arisona, T. P. (2024). PENGEMBANGAN MATERI PENCEGAHAN BULLYING UNTUK GURU BK MADRASAH. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 2550–2561. https://doi.org/10.33394/realita.v9i2.13893
Issue
Section
Articles