PENGEMBANGAN INSTRUMENT PENILAIAN KONSEP DIRI UNTUK KEPEDULIAN LINGKUNGAN PADA SISWA SMP

Authors

  • Happy Fathimatur Rosyidah Ellianawati Program Studi Penelitian Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia, Indonesia
  • Sarwi Sarwi Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Ellianawati Ellianawati Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/realita.v10i1.14025

Keywords:

Pengembangan Instrument Penilaian, Konsep Diri, Kepedulian Lingkungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses pengembangan instrumen penilaian konsep diri terkait kepedulian lingkungan bagi siswa SMP. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek utama dalam penelitian ini adalah guru, sementara data tambahan untuk mendukung temuan penelitian diperoleh dari 20 responden, yang terdiri atas 5 guru dan 15 siswa kelas VII, VIII, dan IX di SMPN 22 Surabaya. Penelitian ini berfokus pada aspek kepedulian terhadap lingkungan. Data dikumpulkan melalui beberapa metode, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, serta pencatatan lapangan. Proses analisis data mencakup tahapan reduksi data, penyajian informasi, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian, Berdasarkan dari pemaparan hasil penelitian dan pembahasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan instrument penilaian konsep diri untuk kepedulian lingkungan bagi siswa SMP sangat diperlukan untuk mempermudah guru dalam menilai peserta didik yang memiliki sikap peduli lingkungan secara efektif dan efisien.

References

Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT Remaja Rosdakarya.

Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI. (2013). Permendikbud No 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan. 2011, 1–6. https://doi.org/10.1016/j.metabol.2009.10.012

Pusparani, D., & Miranto, S. (2021). Hubungan Konsep Diri dan Pengetahuan Lingkungan dengan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik di SMA. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 1(2), 134. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v1i2.9956

Saputri, R. A. (2019). Implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan siswa SD Bakalan Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Jurnal Basic Education, 8(15), 1424–1433. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/15187

Sari, G. I., Nurtiani, A. T., & Salmina, M. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Di Tks It Mina Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 1–14.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Downloads

Published

2025-04-15

How to Cite

Rosyidah, H. F., Sarwi, S., & Ellianawati, E. (2025). PENGEMBANGAN INSTRUMENT PENILAIAN KONSEP DIRI UNTUK KEPEDULIAN LINGKUNGAN PADA SISWA SMP. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(1), 2682–2688. https://doi.org/10.33394/realita.v10i1.14025

Citation Check