ANALISIS KESULITAN BELAJAR AKADEMIK SISWA DAN RESPON GURU DI SMA NU 1 GRESIK: STUDI KASUS PENDEKATAN EDUKASI

Authors

  • Neny Dwi Agustin Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, Indonesia
  • Wita Atikah Nuri Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, Indonesia
  • Devytha Maura A P Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, Indonesia
  • Nailunnajwa Nailunnajwa Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, Indonesia
  • Faya Fatimmatuz Zahro Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, Indonesia
  • Muhammad Luqman Baihaqi Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/realita.v10i1.14378

Keywords:

psikologi pendidikan, kesulitan belajar, lingkungan belajar.

Abstract

Observasi ini dilakukan dalam pemenuhan tugas mata kuliah Psikologi pendidikan dengan tujuan mengetahui kesulitan belajar siswa di SMA NU 1 Gresik. Dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor, materi, dan peran guru terkait kesulitan belajar siswa. Menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan kesulitan belajar akademik yang dialami oleh siswa SMA NU 1 Gresik. Dari Hasil observasi kami, terdapat beberapa faktor yang menjadi kesulitan bagi siswa diantaranya tempat belajar yang terlalu ramai, tidak cocok dengan penjelasan materi dari guru, matapelajaran yang sulit. Adapun beberapa tindakan yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa di SMA NU 1 Gresik ini salah satunya menggunakan pendekatan holistik.

References

Anwar, C. (2021). "Pendekatan Kualitatif dalam Meneliti Permasalahan Siswa." Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 7(1), 56-64.

Armella, R., & Rifdah, K. M. (2022). KESULITAN BELAJAR DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHIKESULITAN BELAJAR. Sultan Idris Journal of Psychology and EducationVol. 2, No. 1, 202214Sultan Idris Journal of Psychology and Education

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Prentice Hall.

Bowlby, J. (1969). Attachment and Loss: Volume I. Basic Books.

Festinger, L. (1957). A Theory of Cognitive Dissonance. Stanford University Press.

Habsyi, B. A., Soviana, A. F., Putri, A. T., & Hati, A. M. (2023). KESULITAN BELAJAR AKADEMIK DALAMPROSES PEMBELAJARAN. TSAQOFAH, Jurnal Guru Indonesia.

Maslow, A. H. (1943). A Theory of Human Motivation. Psychological Review, 50(4), 370-396.

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Patton, M. Q. (2002). Qualitative Research and Evaluation Methods. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Rogers, C. R. (1959). Significant Learning in Therapy and in Education. Educational Leadership, 16(5), 232-242.

SUCIA, V. (2016, September 2). PENGARUH GAYA KOMUNIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. 112-126.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tranggono, G. R. (2023). PENGARUH KEBISINGAN DI TENGAH PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR UPN "VETERAN" JAWA TIMUR TERHADAP KONSENTRASI PEMBELAJARAN MAHASISWA. Scientific Journal of Education, 39-49.

Widyastuti, R., & Mulyani, E. (2020). "Analisis Kesulitan Belajar Akademik Siswa SMP: Studi Deskriptif Kualitatif." Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 123-133

Downloads

Published

2025-04-15

How to Cite

Agustin, N. D., Nuri, W. A., A P, D. M., Nailunnajwa, N., Zahro, F. F., & Baihaqi, M. L. (2025). ANALISIS KESULITAN BELAJAR AKADEMIK SISWA DAN RESPON GURU DI SMA NU 1 GRESIK: STUDI KASUS PENDEKATAN EDUKASI. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(1), 2649–2655. https://doi.org/10.33394/realita.v10i1.14378

Citation Check