PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN PENGGUNAAN GAWAI PADA ANAK
DOI:
https://doi.org/10.33394/realita.v10i2.16609Keywords:
Perhatian Orang Tua, Kedisiplinan Anak, Pengguanaan GawaiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap kedisiplinan penggunaan gawai pada anak. Latar belakang penelitian ini didasari oleh semakin meningkatnya penggunaan gawai di kalangan anak-anak yang sering kali menimbulkan dampak negatif, terutama ketika tidak disertai dengan pendampingan yang memadai dari orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non-eksperimen dengan metode analisis uji-t independen. Sampel terdiri dari 32 anak yang dikelompokkan menjadi dua kelompok, yaitu anak yang mendapatkan perhatian orang tua dan yang tidak mendapatkan perhatian orang tua dalam penggunaan gawai. Instrumen penelitian berupa angket skala Likert empat poin yang mengukur kedisiplinan dalam penggunaan gawai. Hasil uji Homogenitas menghasilkan nilai signifikansi 0,207 (> 0,05) menunjukkan bahwa data memiliki varians yang homogen, sedangkan hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,405 (> 0,05), yang berarti tidak terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Maka pengujian hipotesis dinyatakan H₀ diterima dan H₁ ditolak. Dengan demikian, perhatian orang tua saja belum cukup untuk secara signifikan memengaruhi kedisiplinan anak dalam menggunakan gawai.
References
Aisyah, R., & Susi, Y. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Peudada. Jurnal Pendidikan Almuslim, 4(2), 1–6. https://media.neliti.com/media/publications/117214-ID-none.pdf
Andi, R. A. (2021). Pengaruh Pengawasan Orang Tua terhadap Kualitas Belajar Peserta Didik dalam Sistem Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan, 3(2), 27–36. https://doi.org/10.51518/lentera.v3i2.50
Ardiva, A., & Wirdanengsih, W. (2022). Kontrol Sosial Orang Tua Terhadap Perilaku Anak-Anak Pengguna Gadget (Studi Kasus: Nagari Suliki Kecamatan Suliki Kabupaten 50 Kota). Jurnal Perspektif, 5(2), 257–266. https://doi.org/10.24036/perspektif.v5i2.622
Asmawati, L. (2022). Peran Orang Tua dalam Pemanfaatan Teknologi Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 30–44. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1170
Ayub, D. (2022). Karakter Disiplin Anak Usia Dini: Analisis Berdasarkan Kontribusi Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7293–7301. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3565
Dini Septi Harianti*, Sigit Prasetyo, Sibawaihi, M. A. A. F. (2025). Peran orang tua dalam mengawasi penggunaan gadget pada anak usia dini. Jurnal Kumara Cendekia, 13(1), 9–16.
Djajanegara, A. R. (2020). Teknik Analisis Data (Analisis Kualitatif Pada Hasil Kuesioner). Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Dakwah, 1–11.
Fajariyah, S. N., Suryawan, A., & Atika, A. (2018). Dampak Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Anak. Sari Pediatri, 20(2), 101. https://doi.org/10.14238/sp20.2.2018.101-5
Fiara, A., Nurhasanah, N., & Bustamam, N. (2019). Analisis faktor penyebab perilaku tidak disiplin pada siswa SMP Negeri 3 Banda Aceh. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 4(1). https://jim.usk.ac.id/pbk/article/view/6211
Hidayati, N., Djoehaeni, H., & Zaman, B. (2023). Pendampingan Orang Tua dalam Membatasi Penggunaan Gawai Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 915–926. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3004
Hidayatuladkia, S. T., Kanzunnudin, M., & Ardianti, S. D. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak Usia 11 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 363–372. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996
Hijriyani, Y. S., & Astuti, R. (2020). Penggunaan Gadget oleh Anak Usia Dini Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 16–28. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1324
Junita, E. N., & Anhusadar, L. (2021). Parenting Dalam Meningkatkan Perkembangan Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57–63. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/11002%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/download/11002/6286
L. Syifa, E.S Setianingsih, J. S. (2019). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527–533. https://doi.org/10.38156/psikowipa.v4i1.84
Lani, T., Lestari, P., & Has, E. M. M. (2019). Sikap Orang Tua Terhadap Penggunaan Gadget Pada Anak. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 10(4), 235–238. https://forikes-ejournal.com/ojs-2.4.6/index.php/SF/article/view/sf10316
Lestari, A. D., Yasmin, A., Shahwalan, A. P., Primansyah, A. M., Yulianto, D. I., Syafiq, F. I., Triani, G., Shahne, I. P., Syaugi, M., Maulana, R., & Oktavia, P. (2021). Sosialisasi Pengawasan Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Dibawah Umur. Jurnal Kreativitas Mahasiswa Informatika, 2(1), 87–89. https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JATIMIKA/article/view/14861?utm_source=chatgpt.com
Masni, H. (2017). Peran Pola Asuh Demokrais Orangtua Terhadap Pengembangan Potensi Diri dan Kreativitas Siswa. Jurnal Imiah Dikdaya, 6(1), 58–74.
Nadila, O. R., & Lubis, S. A. (2024). Efektivitas konseling behavioral dengan teknik modelling dalam menangani perilaku maladaptif siswa madrasah aliyah negeri. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 417. https://doi.org/10.29210/1202424457
Nasiliya, S., Asiyah, & Syafri, F. (2022). Korelasi Waktu Bermain Gadget Terhadap Sikap Disiplin Pada Anak Usia. Indonesian Journal of Islamic Early …, 7(1), 1–11. http://jurnal.piaud.org/index.php/Ijiece/article/view/296
Putriana, K., Pratiwi, E. A., & Wasliah, I. (2019). Hubungan Durasi dan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) di TK Cendikia Desa Lingsar Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 7(2), 5–13. https://doi.org/10.37824/jkqh.v7i2.2019.112
Sahriana, N. (2019). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Jurnal Smart Paud, 2(1), 60. https://doi.org/10.36709/jspaud.v2i1.5922
Sari, W., Machmud, H., & Anhusadar, L. (2024). Pengawasan Orang Tua terhadap Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 3(2), 73–83. https://doi.org/10.21093/bocah.v3i2.8251
Sisbintari, K. D., & Setiawati, F. A. (2022). Digital Parenting sebagai Upaya Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1562–1575. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1781
Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel : Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9, 2721–2731. https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/2657/1498
Tarrisya, S., & Muryono, S. (2024). Pengaruh pola asuh otoritatif terhadap kedisiplinan siswa sekolah menengah pertama. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 283. https://doi.org/10.29210/1202424121
Yani, Z., Pohan, N., & Eska, J. (2022). Perlindungan Anak Dari Dampak Gadget / Gawai. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 216–220. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v2i2.2690
Yusnita, N. cynthia, & Muqowim. (2020). Pendekatan Student Centered Learning dalam Menanamkan Karakter Disiplin dan Mandiri Anak di TK Annur II. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 116–126.