PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN PENGGUNAAN GAWAI PADA ANAK

Authors

  • Rosi Rosifah Bimbingan dan Konseling Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Indonesia , Indonesia
  • Deni Iriyadi Program Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Indonesia , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/realita.v10i2.16609

Keywords:

Perhatian Orang Tua, Kedisiplinan Anak, Pengguanaan Gawai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap kedisiplinan penggunaan gawai pada anak. Latar belakang penelitian ini didasari oleh semakin meningkatnya penggunaan gawai di kalangan anak-anak yang sering kali menimbulkan dampak negatif, terutama ketika tidak disertai dengan pendampingan yang memadai dari orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non-eksperimen dengan metode analisis uji-t independen. Sampel terdiri dari 32 anak yang dikelompokkan menjadi dua kelompok, yaitu anak yang mendapatkan perhatian orang tua dan yang tidak mendapatkan perhatian orang tua dalam penggunaan gawai. Instrumen penelitian berupa angket skala Likert empat poin yang mengukur kedisiplinan dalam penggunaan gawai. Hasil uji Homogenitas menghasilkan nilai signifikansi 0,207 (> 0,05)  menunjukkan bahwa data memiliki varians yang homogen, sedangkan hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,405 (> 0,05), yang berarti tidak terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Maka pengujian hipotesis dinyatakan H₀ diterima dan H₁ ditolak. Dengan demikian, perhatian orang tua saja belum cukup untuk secara signifikan memengaruhi kedisiplinan anak dalam menggunakan gawai.

References

Aisyah, R., & Susi, Y. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Peudada. Jurnal Pendidikan Almuslim, 4(2), 1–6. https://media.neliti.com/media/publications/117214-ID-none.pdf

Andi, R. A. (2021). Pengaruh Pengawasan Orang Tua terhadap Kualitas Belajar Peserta Didik dalam Sistem Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan, 3(2), 27–36. https://doi.org/10.51518/lentera.v3i2.50

Ardiva, A., & Wirdanengsih, W. (2022). Kontrol Sosial Orang Tua Terhadap Perilaku Anak-Anak Pengguna Gadget (Studi Kasus: Nagari Suliki Kecamatan Suliki Kabupaten 50 Kota). Jurnal Perspektif, 5(2), 257–266. https://doi.org/10.24036/perspektif.v5i2.622

Asmawati, L. (2022). Peran Orang Tua dalam Pemanfaatan Teknologi Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 30–44. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1170

Ayub, D. (2022). Karakter Disiplin Anak Usia Dini: Analisis Berdasarkan Kontribusi Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7293–7301. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3565

Dini Septi Harianti*, Sigit Prasetyo, Sibawaihi, M. A. A. F. (2025). Peran orang tua dalam mengawasi penggunaan gadget pada anak usia dini. Jurnal Kumara Cendekia, 13(1), 9–16.

Djajanegara, A. R. (2020). Teknik Analisis Data (Analisis Kualitatif Pada Hasil Kuesioner). Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Dakwah, 1–11.

Fajariyah, S. N., Suryawan, A., & Atika, A. (2018). Dampak Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Anak. Sari Pediatri, 20(2), 101. https://doi.org/10.14238/sp20.2.2018.101-5

Fiara, A., Nurhasanah, N., & Bustamam, N. (2019). Analisis faktor penyebab perilaku tidak disiplin pada siswa SMP Negeri 3 Banda Aceh. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 4(1). https://jim.usk.ac.id/pbk/article/view/6211

Hidayati, N., Djoehaeni, H., & Zaman, B. (2023). Pendampingan Orang Tua dalam Membatasi Penggunaan Gawai Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 915–926. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3004

Hidayatuladkia, S. T., Kanzunnudin, M., & Ardianti, S. D. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak Usia 11 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 363–372. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996

Hijriyani, Y. S., & Astuti, R. (2020). Penggunaan Gadget oleh Anak Usia Dini Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 16–28. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1324

Junita, E. N., & Anhusadar, L. (2021). Parenting Dalam Meningkatkan Perkembangan Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57–63. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/11002%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/download/11002/6286

L. Syifa, E.S Setianingsih, J. S. (2019). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527–533. https://doi.org/10.38156/psikowipa.v4i1.84

Lani, T., Lestari, P., & Has, E. M. M. (2019). Sikap Orang Tua Terhadap Penggunaan Gadget Pada Anak. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 10(4), 235–238. https://forikes-ejournal.com/ojs-2.4.6/index.php/SF/article/view/sf10316

Lestari, A. D., Yasmin, A., Shahwalan, A. P., Primansyah, A. M., Yulianto, D. I., Syafiq, F. I., Triani, G., Shahne, I. P., Syaugi, M., Maulana, R., & Oktavia, P. (2021). Sosialisasi Pengawasan Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Dibawah Umur. Jurnal Kreativitas Mahasiswa Informatika, 2(1), 87–89. https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JATIMIKA/article/view/14861?utm_source=chatgpt.com

Masni, H. (2017). Peran Pola Asuh Demokrais Orangtua Terhadap Pengembangan Potensi Diri dan Kreativitas Siswa. Jurnal Imiah Dikdaya, 6(1), 58–74.

Nadila, O. R., & Lubis, S. A. (2024). Efektivitas konseling behavioral dengan teknik modelling dalam menangani perilaku maladaptif siswa madrasah aliyah negeri. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 417. https://doi.org/10.29210/1202424457

Nasiliya, S., Asiyah, & Syafri, F. (2022). Korelasi Waktu Bermain Gadget Terhadap Sikap Disiplin Pada Anak Usia. Indonesian Journal of Islamic Early …, 7(1), 1–11. http://jurnal.piaud.org/index.php/Ijiece/article/view/296

Putriana, K., Pratiwi, E. A., & Wasliah, I. (2019). Hubungan Durasi dan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) di TK Cendikia Desa Lingsar Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 7(2), 5–13. https://doi.org/10.37824/jkqh.v7i2.2019.112

Sahriana, N. (2019). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Jurnal Smart Paud, 2(1), 60. https://doi.org/10.36709/jspaud.v2i1.5922

Sari, W., Machmud, H., & Anhusadar, L. (2024). Pengawasan Orang Tua terhadap Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 3(2), 73–83. https://doi.org/10.21093/bocah.v3i2.8251

Sisbintari, K. D., & Setiawati, F. A. (2022). Digital Parenting sebagai Upaya Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1562–1575. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1781

Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel : Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9, 2721–2731. https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/2657/1498

Tarrisya, S., & Muryono, S. (2024). Pengaruh pola asuh otoritatif terhadap kedisiplinan siswa sekolah menengah pertama. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 283. https://doi.org/10.29210/1202424121

Yani, Z., Pohan, N., & Eska, J. (2022). Perlindungan Anak Dari Dampak Gadget / Gawai. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 216–220. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v2i2.2690

Yusnita, N. cynthia, & Muqowim. (2020). Pendekatan Student Centered Learning dalam Menanamkan Karakter Disiplin dan Mandiri Anak di TK Annur II. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 116–126.

Downloads

Published

08-10-2025

How to Cite

Rosifah, R., & Iriyadi, D. (2025). PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN PENGGUNAAN GAWAI PADA ANAK. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(2), 2837–2846. https://doi.org/10.33394/realita.v10i2.16609

Citation Check