IMPLEMENTASI TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING PADA PERILAKU BULLYING MENTAL SISWA SMP

Authors

  • Aluh Hartati Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Univeritas Pendidikan Mandalika Mataram Nusa Tenggara Barat Indonesia, Indonesia
  • Pahriah Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Univeritas Pendidikan Mandalika Mataram Nusa Tenggara Barat Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/realita.v10i2.17406

Keywords:

Cognitive Restructuring, Mental Bullying

Abstract

Perilaku bullying mental adalah jenis bullying yang sangat berbahaya karena tidak tertangkap mata atau telinga kita jika tidak cukup peka untuk mendeteksinya, praktik bullying ini terjadi secara diam-diam dan diluar radar pemantuan kita, bentuk tindakan ini seperti memandang sinis, meneror melalui pesan atau telpon genggam, mengucilkan dan mencibir. Penyebab masalah ini muncul karena dipengaruh oleh beberapa faktor, salah satunya adalah faktor keluarga. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh Teknik Cognitive Rstructuring Terhadap Perilaku Bullying Mental Siswa Di SMPN 1 Gunungsari. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 159 siswa sedangkan sampel adalah 10 siswa dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket sebagai metode pokok, observasi, dokumentasi, dan wawancara sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan rumus t-test. Sesuai dengan analisis data yang digunakan yaitu metode statistik dengan menggunakan rumus t-test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan nilai (t-hitung) sebesar 14,828 dan nilai (t-tabel) sebesar 2,262 dengan demikian nilai t-hitung hasil penelitian lebih besar dari nilai t-tabel yakni 14,828 maka hipotesis nihil (Ho) yang diajukan ditolak dan sebaliknya hipotesis alternatif (Ha) yang diajuakan diterima, maka hasil penelitian ini adalah “signifikan” yakni Ada Pengaruh Teknik Cognitive Resructuring Terhadap Perilaku Bullying Mental Siswa Di SMPN 1 Gunungsari.

References

Ahmad H dan Hartati A. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Ahmad H. 2013. Pengembagan Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP. Malang. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. (Tesis, Tidak diterbitkan)

Ahmad H. 2021. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Ahmad H. 2022. Pengaruh Media Visual terhadap Sikap Kemandirian SMA di Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No 1 Edisi April 2022. Hal 1508 – 1514. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Ahmad H., dan Hartati A. 2016. Penerapan Teknik Structure Learning Approach dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi BK IKIP Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No 2 Edisi Oktober 2016. Hal 117 – 127. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Ahmad H., dan Kurnia D. 2017. Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No 1 Edisi April 2017. Hal 194 – 202. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Ahmad H., dan Maulana LAA. 2019. Pengaruh Teknik Video Edukasi Terhadap Berfikir Positif Siswa SMPN 16 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 1 Edisi April 2019. Hal 727 – 741. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Ahmad H., dan Oktaviani Y. 2019. Pengaruh Teknik Self Instruction Terhadap Harga Diri Siswa Kelas Kelas XI di SMK Negeri 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 2 Edisi Oktober 2019. Hal 806 – 815. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Ahmad H., Hartati A, dan Nuraeni. 2018. Penerapan Teknik Structure Learning Approach (SLA) dalam Meningkatkan Kesadaran Empati Diri Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 2 Edisi Oktober 2018. Hal 600 – 605 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Ahmad H., Hartati A., dan Maharani JF. 2020. Pengaruh Dukungan Psikologis Awal pada Remaja dalam Pencegahan Covid 19. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 2 Edisi Oktober 2020. Hal 1091 – 1106. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Ahmad. H. 2023. Hubungan Etika Pergaulan dengan Konsep Diri Siswa SMA di Kabupaten Sumbawa Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 8 No 1 Edisi April 2023. Hal 1933 – 1945. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Ahmad. H., 2022. Buku Ajar Teknik-Teknik Konseling. LPPM Undikma. Mataram

Ahmad. H., dan Maharani. JF. 2023. Pengaruh Teknik Role Playing Terhadap Kontrol Diri dalam Bermedia Sosial Siswa SMP Kota Mataram Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 8 No 2 Edisi Oktober 2023. Hal 2089 – 2079. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Ahmad. H., dan Utami. E. 2024. Pengaruh Teknik Role Playing terhadap Keterampilan Komunikasi Verbal Siswa SMP. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 9 No 1 Edisi April 2024. Hal 2283 – 2293. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika. DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v9i1.10929

Ahmad. H., dan Yuliantari. A.N.Y. 2025. Hubungan antara Beauty Privilege dengan Self-Esteem Remaja Perempuan Di SMA Negeri 6 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 10 No 1 Edisi April 2025. Hal 2713–2737. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika. DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v10i1.14804

Ahmad. H., Hartati. A. 2024. Buku Ajar Teori-Teori Konseling. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia. NTB

Ahmad. H., Hasrul dan Mulyana. 2024. Pengaruh Teknik Being Positif terhadap Kestabilan Emosi Siswa di SMP Lenterahati Islamic Boarding School. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 9 No 2 Edisi Oktober 2025. Hal 2528 - 2538. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika. DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v9i2.13018

Ahmad. H., Lidya Wurru dan Jessica Festy Maharani. 2021. Hubungan antara Keharmonisan Keluarga dengan Perilaku Agresif pada Siswa Madrasah Aliyah Raudlatusshibyan NW Belencong. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1205 – 1212. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Erford T. Bradley. (2016). 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hasanah, I. (2018). “Evektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Cognitive Restructuring (CR) Untuk Menurunkan Perilaku Bullying Pada Siswa SMP Plus Nurul Hikmah Pemekasan.” Jurnal Konseling Indonesia, 3(2), 42-47.

Hasrul dan Ahmad H. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hasrul, Nutfah A.M. Arif, dan Ahmad, H. 2024. Kontribusi Bimbingan dan Konseling dalam Membentuk Sikap Kewirausahaan Siswa di Kota Ternate. Jurnal Pendidikan dan ekonomi (JUPEK). DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.12513724 hal. 38 – 53. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Institut Sains dan Kependidikan (ISDIK) Kie Raha Maluku Utara.

Jayani, D. H. (2019) Pisa: Murid Korban Bully di Indonesia tertinggi ke lima Di Dunia.https://databoks.kata.co.id/datapublish/2019/12/12/pisa-murid-korban-bully-di-indoneia-tertinggi-kelima-di-dunia Diakses pada tanggal 27/5/2024

Kusno, Sutarto, Muzanni, A., Ahmad, H., Rahman, A., Hardiani, N. 2022. Improving Content Knowledge and Technological Skill of University Instructors: A Case Study for Online Learning Implementation during and after the COVID-19 Pandemic. Hong Kong journal of Social Sciences. Volume 59, Spring-Summer 2022, Pages 232-241. City University of Hong Kong Press. Link: https://www.scopus.com/record/display.uri?eid=2-s2.0-85149292394&origin=resultslist

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media Belajar Dan Sumber Belajar. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya.

Noviandari, H., & Jawahirul Kawakib. (2016). “Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Self Efficacy Belajar Siswa, Jurnal Psikologi 3(2), 76-86

Nurrohmah, I.I. (2019) Pengaruh Konseling Kelompok Pendekatan Cbt Dengan Teknik Cognitive Restructuring Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar

Nursalim, M. (2013). Strategi dan Intervensi Konseling. Jakarta: Akademia Permata.

Peren, S. (2022). Statistik Tentang Kasus Bullying Di Indonesia.https://www.depoedu.com//2022/12/13/edu-talk/membaca-statistik-tentang-kasus-bullying-di-indonesia/ Diakses pada tanggal 27/5/2024

Ridwan. (2015). Skala Pengukura Variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta

Saferius Bu’ulolo, Sri Florina L. Zagoto, B. L. (2022). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Bullying Di SMA Negeri 1 Amandraya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2 (1) 1-12.

Sejiwa ( 2008 ). Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak Jakarta: PT Grasindo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yandri, H. (2014). Peran Guru Bk/Konselor Dalam Pencegahan Tindakan Bulying Di Sekolah. Jurnal Pelangi

Downloads

Published

08-10-2025

How to Cite

Hartati, A., & Pahriah. (2025). IMPLEMENTASI TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING PADA PERILAKU BULLYING MENTAL SISWA SMP. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(2), 2890–2907. https://doi.org/10.33394/realita.v10i2.17406

Citation Check