STRATEGI KOLABORATIF WALI KELAS DAN GURU BK DALAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.33394/realita.v10i2.17420Keywords:
Bimbingan Konseling, Kolaborasi, Wali Kelas, Sekolah DasarAbstract
Layanan bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar memiliki peran penting dalam membantu peserta didik mengatasi permasalahan perkembangan, baik secara akademik maupun sosial-emosional. Namun pada praktiknya, masih banyak sekolah dasar yang menghadapi keterbatasan guru BK. Permasalahan ini mendorong perlunya strategi alternatif, salah satunya melalui kolaborasi antara wali kelas dan guru BK. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kolaboratif yang digunakan dalam pelaksanaan layanan BK di SDU AL- Izzah kota Bandung. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunujukkan bahwa wali kelas berperan aktif dalam mengidentifikasi permasalahan peserta didik, melakukan pendekatan awal, serta berkoordinasi dengan guru BK dalam penyusunan tindak lanjut. Kolaborasi ini terbukti membantu efektivitas layanan BK meskipun kehadiran guru BK terbatas. Strategi ini juga memperkuat komunikasi antara pihak sekolah dan orang tua dalam mendukung perkembangan peserta didik secara holistik.
References
Salahudin, A. (2010). Bimbingan dan Konseling. Bandung, Indonesia: Pustaka Setia.
Atmaja, S., Harapan, E., & Nurlela. (2019). Implementasi Peran Wali Kelas Dalam Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Di Smk Negeri 1 Benakat . Jurnal Wahana Konseling, 125-136.
Evi, T. (2020). Manfaat Bimbingan dan Konseling Bagi Siswa. JURNAL PENDIDIKAN dan KONSELING, 72-75.
Khusna, N., & Rofi'ah, N. (2019). Strategi Layanan Bimbingan Konseling Dalam Bimbingan Akademik Di Smp Negeri 1 Purwosari. Al-Isyirof: Jurnal Konseling, 119-134.
Iqbal, M., Margolang, A. I., Alamsyahdana, A., Rezi, M., Nst, S., & Pras, J. (2024). Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Implementasi Program Evaluasi Pendidikan (Bimbingan Konseling) di Sekolah Dasar. 1(July), 299–305.
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. (2023). Teknil Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam , 1-9.
Rofiqoh, N., Zumrotun, E., & Attalina , S. (2023). Urgensi Pelaksanaan Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 538-546.
Mulyani, N., & Ahdiani, R. (2021). Model Kolaboratif-Progresif dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Konseling Pendidikan, 9(1), 45-55
Nugroho, H., & Yulianti, F. (2020). Strategi Kolaborasi Guru BK dan Wali Kelas dalam Mengatasi Masalah Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 5(2), 112–120.
Pujiawati, E. (2019). Kolaborasi Antara Guru BK dan Wali Kelas dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(2), 89–97.
Wahyuni, S. (2018). Pelatihan Dasar Bimbingan Konseling untuk Wali Kelas dalam Pendekatan Kolaborasi Lintas Profesi. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 4(1), 33–40.
Pangestu, D., Umari, T., & Yakub, E. (2022). Layanan Bimbingan Konseling Di Sekolah Dasar . Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1622-1629.
Qonita, M., Artati, K., Musyarofah, A., Wahyuni, F., & Tjalla, A. (2022). Pentingnya Layanan Bimbingan Konseling Di Sekolah Dasar Terhadap Perkembangan Peserta Didik . Jurnal Bimbingan dan Konseling, 106-120.
Hasugian, A., dkk., (2025). Strategi Guru BK dan Wali Kelas dalam Menangani Siswa Bermasalah di SMP Negeri 4 Medam. Harmoni Jurnal: Jurnal Ilmu Pendidikan, 303-316