PENGARUH KONSELING COGNITIVE DISPUTATION TERHADAP SELF CONFIDENCE SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.33394/realita.v10i2.17436Keywords:
Konseling Cognitive Disputation, Self ConfidenceAbstract
Abstrak. 2025. Self confidence adalah keyakinan terhadap kemampuan diri, yang mencakup inisiatif dalam bertindak, keberanian untuk menyampaikan pendapat tanpa ragu, serta sikap positif dalam menghadapi stres dan tantangan, mempengaruhi cara individu berinteraksi dalam situasi sosial dan akademis. Masalah kepercayaan diri siswa seringkali terlihat dari rendahnya keyakinan diri yang menghambat partisipasi mereka dalam pembelajaran. Konseling cognitive disputation adalah bagian dari teknik Rational Emotive Behavior Therapy yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, pemahaman, dan pengembangan diri, dengan mendorong individu mengidentifikasi dan menentang pikiran-pikiran irasional untuk berpikir secara rasional dan logis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah Ada Pengaruh Konseling Cognitive Disputation Terhadap Self Confidence Pada Siswa Kelas VIII di SMPN 4 Mataram Tahun Ajaran 2024/2025?". Tujuan dari penelitian ini adalah "Untuk Mengetahui Pengaruh Konseling Cognitive Disputation Terhadap Self Confidence Pada Siswa Kelas VIII di SMPN 4 Mataram Tahun Ajaran 2024/2025". Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data hasil penelitian menggunakan uji Wilcoxon Signed-rank test sebagai alternatif non-parametrik dari Paired Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor yang signifikan antara kondisi pre-test dengan post-test. Nilai signifikansi 0,012 < 0,05 menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan, sehingga hipotesis nol (H0) ditolak, yang berarti ada pengaruh konseling cognitive disputation terhadap self confidence siswa kelas VIII di SMPN 4 Mataram Tahun Ajaran 2024/2025. Penerapan teknik konseling cognitive disputation ini terbukti secara signifikan meningkatkan harga diri siswa dengan membantu mereka mengenali dan mengatasi pikiran negatif, serta menggantinya dengan pola pikir yang lebih realistis.
References
Abubakar, H. R. I. 2021. Pengantar Metodologi Penelitian. SUKA-press UIN Sunan Kalijaga.
Acar, N., & Şahin, E. S. 2019. Rational emotive behavior therapy from a new perspective. Journal of New Results in Science, International Journal of Human Sciences. 16(4), 894–906. https://doi.org/10.14687/JHS.V16I4.5821.
Afriza, K. 2018. Penerapan Cognitive Disputation Untuk Membantu Adaptasi Diri Terhadap Lingkungan Rehabilitasi; Studi Kasus Seorang Pecandu Narkoba Diplato Foundation Surabaya. Skripsi. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.http://digilib.uinsa.ac.id/22684/1/Khairina%20Afriza_B53214020.pdf.
Ahmad H dan Hartati A. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram
Ahmad H. 2013. Pengembagan Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP. Malang. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. (Tesis, Tidak diterbitkan)
Ahmad H. 2021. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.
Ahmad H. 2022. Pengaruh Media Visual terhadap Sikap Kemandirian SMA di Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No 1 Edisi April 2022. Hal 1508 – 1514. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.
Ahmad H., dan Hartati A. 2016. Penerapan Teknik Structure Learning Approach dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi BK IKIP Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No 2 Edisi Oktober 2016. Hal 117 – 127. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram
Ahmad H., dan Mustakim. 2022. Hubungan Kesetabilan Emosi Dengan Pengambilan Keputusan Karir Siswa SMA Negeri Kota Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No 2 Edisi Oktober 2022. Hal 1664 – 1677. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.
Ahmad H., Hartati A., dan Maharani JF. 2020. Pengaruh Dukungan Psikologis Awal pada Remaja dalam Pencegahan Covid 19. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 2 Edisi Oktober 2020. Hal 1091 – 1106. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.
Ahmad H., Hasrul., dan Mulyana. 2024. Pengaruh Teknik Being Positif Terhadap Kestabilan Emosi Siswa di SMP Lentera Hati Islamic Boarding School. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 9 No 2 Edisi Oktober 2024. Hal 2528–2538. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.
Ahmad H., Irfan AZ., dan Ahlufahmi D. 2020. Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Penyesuaian Diri Siswa. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 1 Edisi April 2020. Hal 950 – 966. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.
Ahmad, H dan Hartati, A (2024). Buku ajar teori-teori konseling. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Ahmad. H. 2023. Hubungan Etika Pergaulan dengan Konsep Diri Siswa SMA di Kabupaten Sumbawa Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 8 No 1 Edisi April 2023. Hal 1933 – 1945. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.
Ahmad. H., 2022. Buku Ajar Teknik-Teknik Konseling. LPPM Undikma. Mataram
Ahmad. H., dan Maharani. J.F. 2023. Pengaruh Teknik Role Playing Terhadap Kontrol Diri dalam Bermedia Sosial Siswa SMP Kota Mataram Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 8 No 2 Edisi Oktober 2023. Hal 2089 – 2079. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.
Ahmad. H., dan Utami. E. 2024. Pengaruh Teknik Role Playing terhadap Keterampilan Komunikasi Verbal Siswa SMP. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 9 No 1 Edisi April 2024. Hal 2283 – 2293. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika. DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v9i1.10929
Ahmad. H., dan Yuliantari. A.N.Y. 2025. Hubungan antara Beauty Privilege dengan Self-Esteem Remaja Perempuan Di SMA Negeri 6 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 10 No 1 Edisi April 2025. Hal 2713–2737. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika. DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v10i1.14804
Ahmad. H., Hartati. A. 2024. Buku Ajar Teori-Teori Konseling. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia. NTB
Ahmad. H., Hasrul dan Mulyana. 2024. Pengaruh Teknik Being Positif terhadap Kestabilan Emosi Siswa di SMP Lenterahati Islamic Boarding School. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 9 No 2 Edisi Oktober 2025. Hal 2528 - 2538. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika. DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v9i2.13018
Ailish M. King, Carolyn R. Plateau, Martin J. Turner, Paul Young, Jamie B. Barker .2024. A systematic review of the nature and efficacy of Rational Emotive Behaviour Therapy interventions. PLoS ONE. Public Library of Science (PLOS) 19(7): https://doi.org/10.1371/journal.pone.0306835
Alpian, Y. , Wulan. A, S. , Priatin, S. , & Buana. P. K, U. 2020. "Konsep Diri Dengan Kepercayaan DIRI SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Elementaria Edukasia, Universitas Mataram 3 (2), 370–383. https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18184
Amalia, A. 2018. Psikologi Positif. Jakarta: Bumi Aksara.
Andrews, R., 2022. Building Self-Confidence in Children and Teens. Child Development Publications. 123-125.
Annisa. S & Abadi. A. P., 2023. Level-Level Kepercayaan Diri (Self Confidence) Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematik. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. 5(2). https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13927 [2]
Aprilias, N., & Wiyono, B. D. 2019. Keefektifan Konseling Rational Emotive Behaviour Teknik Cognitive Disputation untuk Mengurangi Tingkat Fanatisme terhadap Idola pada Siswa Penggemar K-Pop. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya. 5(1), 12-20. Diakses dari http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI
Astuti, E. D., Yuliana, D., Efendi, A. S., Budiasningrum, R. S., Rosita, R., & Setiawan, J. 2023. Keterampilan Interpersonal Skill dalam Dunia Kerja. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, Universitas 45 Surabaya 2(2), 01–08. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i2.972.
Bandura, A. 1977. Social learning theory. Prentice Hall.
Bernard Michael E. 1991. Using Rational-Emotive Therapy Effectively: A Practitioner's Guide: A practitioner's guide. Springer Science+Business Media, LLC.
Bradley T. 2016. 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Coopersmith, S. 1967. The antecedents of self-esteem. W. H. Freeman.
Dahliah. 2023. Kemampuan Menyampaikan Pendapat dalam Meningkatkan Kualitas Interaksi Sosial. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia. 10 (2). doi:10.1234/jkp.v10i2.5678.
Deasy. H., Astuti, K., Budiyani, K., 2020. Pelatihan Berfikir Positif untuk Meningkatkan Self-Esteem pada Remaja Yatim Piatu di Yogyakarta, Jurnal Psikologi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 16(2), https://ejournal.up45.ac.id/index.php/psikologi/article/view/741.
Duan, B., Ramdas, A., & Wasserman, L. 2020. Which Wilcoxon should we use? An interactive rank test and other alternatives. arXiv: Methodology. http://export.arxiv.org/pdf/2009.05892
Dweck.C. S., 2006. Mindset: The New Psychology of Success. Random House.
Ellis, A, & Dryden, W. 1997. The Practice of Rational Emotive Behavior Therapy. Springer.
Farchatin, N 2021. Terapi Kognitif Dengan Teknik Dispute Untuk Mengurangi Pola Pikir Negatif Pada karyawan PHK dampak Covid-19 Di Desa Waru Sidoarjo. Skripsi. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsa.ac.id/46230/2/Farchatin%20Niami_B93217084.pdf
Hafnidar, H. 2020. Gambaran Interaksi Sosial Dari Hasil Tes Epps Dan Papikostik Pada Seleksi Mahasiswa Berprestasi. Al-Qalb: Jurnal Psikologi Islam, Psychology Department of Malikussaleh University, Aceh Utara, Indonesia (2), 86-92. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alqalb/article/download/1233/1409
Hasrul dan Ahmad H. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.
Hasrul, Nutfah A.M. Arif, dan Ahmad, H. 2024. Kontribusi Bimbingan dan Konseling dalam Membentuk Sikap Kewirausahaan Siswa di Kota Ternate. Jurnal Pendidikan dan ekonomi (JUPEK). DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.12513724 hal. 38 – 53. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Institut Sains dan Kependidikan (ISDIK) Kie Raha Maluku Utara.
Januaripin. M., & Munasir 2024. Kepercayaan Diri sebagai Prediktor Prestasi Akademik Siswa. Kamaliyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam. STAI Miftahul Huda Pamanukan Subang. 2(1)(2024). 114 – 128. https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/kamaliyah
Komalasari. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks.
Kusno, Sutarto, Muzanni, A., Ahmad, H., Rahman, A., Hardiani, N. 2022. Improving Content Knowledge and Technological Skill of University Instructors: A Case Study for Online Learning Implementation during and after the COVID-19 Pandemic. Hong Kong journal of Social Sciences. Volume 59, Spring-Summer 2022, Pages 232-241. City University of Hong Kong Press. Link: https://www.scopus.com/record/display.uri?eid=2-s2.0-85149292394&origin=resultslist
Leary, M. R., & Guadagno, R. E. 2014. The social nature of self-esteem. In C. A. C. Steenkamp & J. E. A. Maddux (Eds.), Handbook of self-regulation of learning and performance (pp. 13-28). The Guilford Press.
Masrurah, M, A. 2023. Efektivitas Konseling Teknik Cognitive Disputation Dalam Mengatasi Academic Self Handicapping Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Of Art, Humanity & Social Studies, Universitas Negeri Makassar. 3(3) 190. https://ojs.unm.ac.id/PJAHSS/article/view/45725/21230
McDaniel, S. C., Zaheer, I., & Scott, T. M. 2022. Teaching social skills. In High leverage practices for inclusive classrooms (pp. 132-144). Routledge.
Muti’ah, R., 2019. Gambaran Pelaksanaan Konseling Kelompok dengan Teknik REBT (Rational Emotive Behavior Therapy) dalam Upaya Mengatasi Kecemasan Matematika Siswa SMP. Ristekdik. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Labuhan Batu 4 (1), 37-44. http://jurnal.umtapsel.ac.id/index.php/Ristekdik/article/view/714
Ndze, Y. E. 2022. An Assessment of Self Confidence as A Determinant of Students Academic Achievements in The University of Bamenda. International Journal of Research and Innovation in Social Science, University of Bamenda, Cameroon 06(12), 544–549. https://doi.org/10.47772/ijriss.2022.61230.
Neenan, M., Dryden, W. 2012. Rational Emotive Behaviour Therapy: An introduction to the theory and practice. Sage Publications.
Oscar. G.G. 2021. Consideraciones sociales y filosóficas para la investigación cualitativa de las creencias irracionales. Journalde Ciencias Sociales Año.Universidad de Guadalajara. 63–81. https://doi.org/10.18682/JCS.VI16.4340.
Padakokal, F.M., Luh Putu Ruliati, Yeni Damayanti, Mariana Dinah Ch. Lerik. 2024. The Relationship Between Bullying Behaviour and Self-Confidence in High School Adolescents. Journal of Health and Behavioral Science. Faculty of Public Health, University of Nusa Cendana. 6(1). https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/CJPS/article/view/15302/6648
Pratiwi, I. D., dan Laksmiwati, H. 2016. Kepercayaan diri dan kemandirian belajar pada siswa sma negeri œx. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, Program Studi Psikologi Universitas Negeri Surabaya, 7(1), 43-49. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jptt/article/view/1769/1187
Putri, D. T., Purnamasari, R. A., Hanim, W., & Marjo, H. K. 2019. Konseling Kelompok Perspektif Integrative (Teknik Dispute Cognitive & Teknik Imageri) Untuk Mencegah Upaya Percobaan Bunuh Diri Siswa Berasrama di Pesantren. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan dan Konseling serta Psikologi Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, 2(2), 67-76.
Putri, N. K. R. A., Suarni, N. K., & Dharsana, I. K. 2022. Efektivitas konseling rebt pendekatan teknik self –talk untuk menurunkan tingkat kecemasan akademik siswa kelas X SMAN “A” denpasar. Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia), Universitas Pendidikan Ganesha, Bali, Indonesia 8(2), 215-223.
Rahmaniyah, M., 2023. Penerapan Teknik Cognitive Disputation Untuk Meningkatkan Self Esteem Pada Siswa Kelas XI di MAN 1 Soppeng. Jurnal Of Art, Humanity & Social Studies, Universitas Negeri Makassar. 3(2)173. https://ojs.unm.ac.id/PJAHSS/article/view/44185/20711.
Rais, M, R. 2022. Kepercayaan diri (self confidence) dan perkembangannya pada remaja. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 12(1), 40-47. Program Studi Bimbingan dan Konseling FITK UIN Sumatera Utara Medan. 10.30829/alirsyad.v12i1.11935.
Risal, H, G., Alam, F, A. 2021. Upaya Meningkatkan Hubungan Sosial Antar Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di Sekolah. JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi. STKIP Muhammadiyah Barru, Indonesia. 1(1),Hal.1–10. https://jurnal.umbarru.ac.id/index.php/jubikops/article/view/149/119
Rosidin, D, I., Supriatna, M., Budiman, N. 2023. Pengembangan Self Confidence pada Siswa SD. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia. (1 )144-148 10.21009/JPD.010.14
Rulaa, R., Rahma, S., & Rahmawati, N. 2025. Teknik cognitive disputation dalam Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) untuk menantang keyakinan irasional yang menyenbabkan penilaian diri negatif dan keraguan. Jurnal Psikologi Konseling, 10(1), 45-46
Saputra, W. N. E., & Prasetiawan, H. 2024. Meningkatkan Percaya Diri Siswa melalui Teknik Cognitive Defusion. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling. Universitas Ahmad Dahlan, 3(1), 14–21. https://doi.org/10.17977/UM001V3I12018P014
Sharma, V. 2017. Impact of perceived academic achievement on self-confidence in undergraduate university students. International Journal of Advance Research and Innovative Ideas in Education, Amity University Madhya Pradesh, 3(3), 651–655. http://ijariie.com/AdminUploadPdf/IMPACT_OF_PERCEIVED_ACADEMIC_ACHIEVEMENT_ON_SELF_CONFIDENCE_IN_UNDERGRADUATE_UNIVERSITY_STUDENTS_ijariie5189.pdf
Sholiha, L, Al-Akhda & Aulia 2020 Hubungan Self Concept dan Self Confidence. Jurnal Psikologi. Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan., 41-55. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/ILMUPSIKOLOGI/article/view/1954
Shuang, Z., Wei Sheng, Luo Jian, Li Ming. 2020. The Influence of College Students’ Self-Confidence and Strategies to Improve Self-Confidence, Jurnal Psychology Research and Applications, Isaac Scientific Publishing 2(2). https://doi.org/10.22606/PRA.2020.22002
Sintia, A., Baharudin, B., Hijriyah, U., Hasanah, U., & Saputra, M. I. 2025. The Relationship Between Self Esteem and Learning Independence JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), UIN Raden Intan Lampung, Indonesia 8 (1), 122–129. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6517
Sopian, 2023. Self Confidence Dalam Persepektif Pendidikan Agama Islam. PT Literasi Nusantara Abadi Group.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian kuantitatif. Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, cv.
Suhardita, Kadek. 2011. Self Confidence dan Pengembangannya. Deepublish.
Suryani, N, Risnita, M.Syahran Jailani. 2023. Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan, IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, Yayasan Pendidikan Dzurriyatul Quran,1(2) http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan
Tannen, D. 2013. You Just Don't Understand: Women and Men in Conversation. William Morrow.
Thursan. H., 2005. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.
Tim Penyusun Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah. IKIP Mataram. 2011
Travers, E., Friedemann, M., Friedemann, M., & Haggard, P. 2021. The Readiness Potential reflects planning-based expectation, not uncertainty, in the timing of action. Cognitive Neuroscience, 12(1), 14–27. https://doi.org/10.1080/17588928.2020.1824176
Tyas, C. A., Setiawan, A., & Widiharto, C. A. 2025. The Relationship between Self-Concept and Self-Confidence of Junior High School Students. Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Indonesia 9(1), 67-74. https://doi.org/10.22460/quanta.v9i1.5474.
Utami. M., 1990. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat , Rineka Cipta.
Veronica, S., Ernawati., Rasdiana., Abas, M., Yusriani., Hadawiah., Hidayah., Wahyuningasti, E., Rokhmaniyah., Susian, T.S. 2023. Pengaruh rasa percaya diri terhadap keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa indonesia siswa kelas V. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, Universitas Sebelas Maret 11(1), 65–73. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/93463/
Wrench, J. S., Peck Richmond, V., & Gorham, J. 2009. Communication, affect, & learning in the classroom. Rahmaniyah, M. (2023). Penerapan Teknik Cognitive Disputation Untuk Meningkatkan Self Esteem Pada Siswa Kelas XI di MAN 1 Soppeng. Jurnal Of Art, Humanity & Social Studies, Universitas Negeri Makassar. 3(2)173. https://ojs.unm.ac.id/PJAHSS/article/view/44185/20711
Yoong, D., & Saffari. N. 2019. Reframing students’ negative conceptions of failure: an action research. Journal of Nusantara Studies (JONUS), Universiti Sultan Zainal Abidin, 4(2), 126-143. https://doi.org/10.24200/JONUS.VOL4ISS2PP126-143
Yunita, R., & Sarajar, D. K. 2024. Improving Learning Achievement Through a Self-Esteem Perspective: The Secret to Student Success. Psikoborneo: Jurnal Ilmu Psikologi, Fakultas Psikologi , Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia. 12 (3), 326. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v12i3.15457
Yusuf, M., Julianingsih, D., & Ramadhani, T. 2023. Transformasi pendidikan digital 5.0 melalui integrasi inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, 2(1), 11–19. https://doi.org/10.34306/mentari.v2i1.328
Zanuba, A. A. 2024. Konseling Islam Dengan Teknik Cognitive Disputatio Untuk Mengurangi Trauma Akibat Pelecehan Seksual Pada Remaja di Unit Pelaksana Teknik Daerah Perlindungan Perempuan Dan Anak (UPTD PPA) Provinsi Lampung. Skripsi (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).