PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Lalu Jaswandi Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP, IKIP Mataram, Indonesia
  • M. Zainal Mustamiin Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP, IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/realita.v3i1.2103

Abstract

Prestasi yang dicapai siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran matematika pada umumnya dijadikan sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan matematika itu sendiri. Sampai saat ini kondisi pengajaran matematika memang belum seperti yang diharapkan, kritik dan sorotan masih dikemukakan, antara lain adanya kemerosotan mutu lulusan yang ditandai dengan rendahnya prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektian pembelajaran berbasis etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah di sekolah dasar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN 2 Batu Jangkih Kecamatan Praya Barat Daya. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, maka keseluruhan siswa dijadikan sebagai sumber data sekaligus sampel penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Teknik analisis data menggunakan uji ketuntasan rata-rata dan uji Normalitas Gain, data yang digunakan adalah data pretes dan posttes. Hasil analisis data diperoleh thitung = 9,688. Nilai ttabel dengan df = (24-1) = 23 dan taraf kesalahan 5% yaitu ttabel = 1.713. Karena thitung = 9,688 > ttabel = 1,713, maka H0 ditolak, hal ini berarti bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran berbasis etnomatematika melampaui kriteria yang ditetapkan. Hasil analisis uji peningkatankelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata yaitu 0,44, artinya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik diajar menggunakan pembelajaran berbasis etnomatematika berada pada kategori sedang dan hasil analisis uji peningkatan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata yaitu 0,24 (rata-rata pre tes = 47,76 dan rata-rata post tes = 60,57), artinya peningkatan kemampuan pemecahan masala matematika peserta didik yang diajarkan dengan model konvensional berada pada kategori sedang.

References

Aisyah. 2007. PengembanganPembelajaranMatematika SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Arikunto, S. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

D’Ambrosio. 2001. “What Is Ethnomathematics, and How Can It Help Children In Schools?†Teaching Children Mathematics. National Council of Teachers of Mathematics. Vol. 7 No. 2. Hal. 308-311.

D’Ambrosio. 2004. “Ethnomathematicsâ€. Dalam Franco Favilli (Ed.), Ethnomathematics and Mathematics Education. Pisa: Tipografia Editrice Pisana Copenhagen. Hal. 5-10.

D’Ambrosio. 2006. Ethnomathematics: Link Between Traditions and Modernity. Rotterdam: Sense Publisher.

Ernest, P. 1991. The Philosophy of Mathematics Education. London: Routledge Falmer

Fernandez, C., Linares, S., & Vals, J. 2013. “Primary School Teacher’s Noticing Of Students’ Mathematical Thinking In Problem Solvingâ€. The Mathematics Enthusiast, Vol. 10, No. 1. Hal. 441-468.

Francois, K. 2009. “The Role Of Ethnomathematics Within Mathematics Educationâ€. Proceedings of CERME 6. Hal. 1517-1526. Lyon France, 28 Januari-1 Februari 2009.

Gupta. 2010. Ethnomathematics: The Integration of Pedagogy of Social Justice and the Culturally Embedded Practices. Kirandul: NMDC Ltd.

Hake, R. 1998. “Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Coursesâ€. American Association of Physics Teachers, Volume. 6 No. 1. Hal 64-74.

Matthews, R. 2005. “Vygotsky’s Philosophy: Constructivism and Its Criticisms Examinedâ€. International Education Journal, Vol. 6 No. 3. Hal. 386-399.

Presmeg, N. 1998. “Ethnomathematics In Teacher Educationâ€. Journal of Mathematics Teacher Education, Vol. 1. Hal. 317–339.

Rosa, M., & Orey, D. C. 2006. “Ethnomathematics: Cultural Assertions and Challenges Towards Pedagogical Actionâ€. The Journal of Mathematics and Culture, Vol. 1, No. 1. Hal. 57-78.

Rosa, M., & Orey, D. C. 2011. “Ethnomathematics: The Cultural Aspects Of Mathematics.†Revista Latinoamericana de Etnomatemática, Vol. 4, No. 2. Hal. 32-54.

Sardiyo & Pannen, P. 2005. “Pembelajaran Berbasis Budaya: Model Inovasi Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensiâ€. Jurnal Pendidikan, Vol. 6, No. 2. Hal. 83-98.

Schoenfeld, A. 2013. “Reflections on Problem Solving Theory and Practice.†The Mathematics Enthusiast, Vol. 10, No. 1. Hal. 9-34.

Skovsmose, Ole. 1997. “The End Of Innocence: A Critique Of ‘Ethnomathematicsâ€. Educational Studies in Mathematics, Vol. 34. Hal. 131–158.

Sternberg, R. J. 2009. Cognitive Psychology. Belmont: Wadsworth Cengage Learning.

Downloads

Published

2019-12-20

How to Cite

Jaswandi, L., & Mustamiin, M. Z. (2019). PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1). https://doi.org/10.33394/realita.v3i1.2103

Citation Check