PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR KELAS VI

Authors

  • Lalu Jaswandi Dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling, FIP IKIP Mataram, Indonesia
  • M. Najamuddin Dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling, FIP IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/realita.v3i2.2131

Abstract

Proses pembelajaran kurang terfokus pada siswa, guru kurang kreatif dalam mendesain proses pembelajaran sehingga siswa hanya sebatas mendengar dan menulis apa yang disampaikan oleh guru. Hal ini berdampak pada prestasi belajar siswa yang belum mencapai KKM yang ditetapkan yaitu minimal mencapai 65. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah pembelajaran berbasis masalah efektif dalam meningkatkanan hasil belajar matematika siswa kelas VI?. Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan dalam penenlitian ini adalah: Mengetahui kefektifan pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI. Metode pengumpalan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Dengan jenis tes essay yang terdiri dari 5 soal. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI.  Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh thitung = 5,759 > ttabel = 1,705, maka H0 ditolak, artinya rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah melampaui kriteria yang ditetapkan.  Hasil analisis uji peningkatan diperoleh thitung untuk Equal variances assumed sebesar 3,913. Nilai thitung  jika dibandingkan dengan ttabel pada α = 0,05 dan df = 27 + 27 – 2 = 52 diperoleh ttabel = 1,675. Karena thitung = 3,913>ttabel = 1,675, maka tolak H0 artinya hasil belajar siswa setelah mendapatkan perlakuan lebih tinggi dibandingkan sebelum perlakuan.

References

Cakir, M. 2008. “Constructivist Approaches to Learning in Science and Their Implications for Science Pedagogy: A Literature Reviewâ€. InternationalJournal of Environmental & Science Education.Vol.3, No. 4.Hal.193-206.

Huang, R. 2005. Chinese International Students’ Perceptions of the Problem-Based Learning Experience.University of Plymouth.Drake Circus, Plymouth, PL4 8AA, UK.Journal of Hospitality, Leisure, Sport and Tourism Education.

Kurese dkk. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Metode Diskusi Pada Siswa Kelas IV SDN No 3 SiwalempuJurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 2.

Hamalik,O. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Roh, K. H. (2003). Problem-based learning in mathematics. Clearing house for Science, Mathematics, and Environmental Education.[Online]. Available: http://www.vtaide.com/png/ERIC/PBL-in-Math.htm [7 September 2010].

Sagala, S. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sardiyo&Pannen, P. 2005. “Pembelajaran Berbasis Budaya: Model Inovasi Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensiâ€. Jurnal Pendidikan, Vol. 6, No. 2. Hal.83-98.

Downloads

Published

2019-12-24

How to Cite

Jaswandi, L., & Najamuddin, M. (2019). PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR KELAS VI. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2). https://doi.org/10.33394/realita.v3i2.2131

Citation Check