PENGARUH PENGGUNAAN WAKTU MENONTON TELEVISI DAN HANDPHONE TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA DI LOMBOK

Authors

  • Aliahardi Winata Dosen Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/realita.v3i2.2138

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan pengaruh penggunaan waktu menonton televisi, Internet, dan handphone terhadap disiplin belajar siswa di Desa Kopang, Lombok Tengah. Sumbangan efektif (SE) penggunaan waktu menonton televisi sebesar 43,1%, mengakses handphone sebesar 0,1% terhadap disiplin belajar siswa. Besarnya sumbangan efektif penggunaan waktu menonton televisi, mengakses handphone terhadap disiplin belajar siswa adalah 7%%, sedangkan sisanya 93% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dengan demikian pengaruh penggunaan waktu menonton televisi memberikan sumbangan positif paling besar terhadap disiplin belajar siswa.

References

Badjuri, Adi. (2010). Jurnalistik televisi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Baran, Stanley. J. (2012). Introduction to mass communication.(S. Rouli Manalu) Jakarta: Erlangga

Biagi, Shirley. (2010). Introduction to mass media. (Terjemahan Irfan dan Mahendra). Jakarta: Salemba Humanika

Davidson, Jeff. (2008). Ten minute guide managing your time. (Terjemahan Niken Hindreswari). Yogyakarta: Andi

Dawson, Prewitt, Dawson. (1977). Political sosialization. Toronto: Little, Brown and Company

Daniyal, M & Hassan, A (2013). Impact of television programs and advertisements on school going adolescents. Science and education policy. Research Journal. 7. 26-37.

Djamarah. (2008). Rahasia sukses belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Ezemenaka, E. (2013). The usage and impact of Internet enabled phones on academic concentration among students of tertiary institutions. Education and Development using Information and Communication Technology. Research Journal. 9. 162-173.

Grob, Bernard (1985). Basic tevision and video systems. USA: McGraw-Hill

Harris. I, Kevin, Trosby. (2010). Short message service. Cicester United Kingdom: Willey & Sons Ltd.

Hurlock, E. B. (1978). Child development (Meitasari Tjandrasa). Jakarta: Erlangga

Isaac, S & Michael, W. B. (1981). Hand book in research and evaluation. California-USA: Edit Publishers

Kaufman, M & Kiver, M. (2012). Television electronics. New Jersey: Springer

Mardapi, Djemari. (2012). Pengukuran penilaian & evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika

Mardapi, Djemari. (2008). Pengukuran penilaian & evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika

Nurgiyantoro. B, Gunawan, Marzuki. (2012). Statistik terapan. Yogyakarta: UGM

Rakhmat, Jalaluddin. (2011). Psikologi komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Santrok, J. W. (2009). Psikologi pendidikan (Terjemahan Diana Angelica). Jakarta: Salemba Humanika.

Semiun, Yustinus. (2006). Kesehatan mental. Yogyakarta: Kanisius

Senge, P. M (1996). Fifth discipline. (Terjemahan Nunuk Ardiarni). Jakarta: Binarupa Aksara

Simanjuntak. (2002). Dasar-dasar telekomunikasi. Bandung: PT Alumni

Shochib. (2010). Pola asuh pendidikan anak. Jakarta: Rineka cipta

Slameto. (2010). Belajar & faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta

Suyantoro, Sigit. (2005). Membuat ringtone dan MMS sendiri. Yogyakarta: Andi

Wibisono, Usman,Hantoro. (2008). Konsep teknologi seluler. Bandung: Informatika

Downloads

Published

2019-12-24

How to Cite

Winata, A. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN WAKTU MENONTON TELEVISI DAN HANDPHONE TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA DI LOMBOK. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2). https://doi.org/10.33394/realita.v3i2.2138

Citation Check