PENGARUH KONSELING BEHAVIORISTIK TERHADAP ZOOPHOBIA PADA SISWA SMPN 11 MATARAM

Authors

  • Willy Hermawan Aprian Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, IKIP Mataram, Indonesia
  • Farida Herna Astuti Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, IKIP Mataram, Indonesia
  • Eneng Garnika Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/realita.v4i1.2146

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah tingkat ketakutan pada diri siswa terhadap cicak seperti hilangnya kendali siswa seperti adanya detak jantung berdebar lebih keras, keluarnya keringat yang berlebih, muka memerah, tangan mengepal erat. Hal tersebut menimbulkan dampak buruk bagi diri siswa, permasalahan ini dapat diatasi dengan menerapkan konseling behavioristik, yaitu menekankan pada tingkah laku siswa terhadap ketakutannya pada cicak untuk membantu mencari solusi pada permasalahan yang dihadapi siswa, sehingga siswa dapat membantu dirinya dalam menghilangkan phobia terhadap cicak agar berfungsi secara efektif dengan menggunakan konseling kelompok. Masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Ada Pengaruh Konseling Behavioristik Terhadap Zoophobia Pada Siswa SMPN 11 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019†dan tujuan dalam penelitian ini “Ingin Mengetahui Apakah Ada Pengaruh Konseling Behavioristik Terhadap Zoophobia Pada Siswa SMPN 11 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 168 siswa, sampel yang digunakan adalah 12 orang siswa dari Kelas VIII. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok dan metode observasi, wawancara serta dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisis data menggunakan rumus t-test, berdasarkan analisis data t hitung sebesar 7,908 dengan nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (N-1) = 11 sebesar 2,201. Dengan demikian nilai t hitung lebih besar daripada nilai t pada tabel (7,908>2,201), sehingga dapat disimpulkan Ada Ada Pengaruh Konseling Behavioristik Terhadap Zoophobia Pada Siswa SMPN 11 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019 dinyatakan Signifikan.

References

Ardika, Sustri. 2014. “Pengaruh Konseling Behavior Terhadep sikap Membolos Siswa Pada Jam Pelajaran di SMPN 1 Terara Lombok Timur Tahun pelajaran 2013/2014â€.

Ardiningsih, Agnis. 2010. “Hubungan Antara kepribadian introver dengan zoophobiaâ€.http://repositori.unika.ac.id/5680/1/05.40.0190%20Agnis%20Ardiningsih.pdf. Diakses Pada Tanggal 29 Agustus 2018 pukul 20.00.

Azmarina, Rani. “Desensitisasi Sistematik Dengan Dzikir Tasbih Untuk Menurunkan Simtom Kecemasan Pada Gangguan Phobia Spesifikâ€. http://www.journal.uad.ac.id. Diakses tanggal 18 April 2018 pukul 10.00

Corey, G. 2013. Teori Dan Praktik Konseling & Psikoterapi. PT Refika Aditama: Bandung.

Depdiknas.2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka: Jakarta

Freed, 2016. “Phobi Spesifik dan phobia socialâ€. http://vdocuments.mx/bab-i-ipdfsocial-phobia-fobia-sosial-dan-specific-phobia-fobia-spesifik6.html. Diakses pada tanggal 27 Agustus 2018 pukul 10.00

IKIP Mataram. 2011. Pedoman Penulisan Dan Penulisan Karya Ilmiah. Mataram: IKIP Mataram.

Jumailiyah dan Abdurrahman, 2017. Statistik Pendidikan. Absolute Media Sumber Inspirasi: Yogyakarta

Komalasari, dkk. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT. Indeks

Kumalasari, Desi. 2017. â€Konsep Behavioral Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Siswa Terisolirâ€. http://ejournal.uin.suka.ac.ic/dakwah/hisbah/article/download/141-02/987.pdf. Diakses pada Tanggal 4 September Pukul 13.00

Latipun. 2015. Psikologi Konseling. Malang: Universitas Muhmadiah Malang.

Mustika, Desfi Dian, dkk. 2014. “Penggunaan Teknik Desensitisasi Sistematis Untuk Mengurangi Kecemasan Calon Mahasiswa Dalam Menghadapi SBMPTNâ€. http://www.jurnal.fkip.unila.ac.id. Diakses pada tanggal 18 April 2018 pukul 11.00

Purnama, Suhendri Cahya. 2016. Phobia? No Way!!. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Purwadarmanta.2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka: Jakarta

Riduwan. 2013. Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rosita, Yunita. 2008. â€Pelaksanaan Konseling Behavioral Dalam Mengatasi Phobia Kucing Seorang Klien Di Rasamala 2 Menteng Dalam Tebet Jakarta Selatanâ€.

http://repositori.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/19431/1/YUNI%20ROSITA-FDK.pdf Diakses pada Tanggal 4 September Pukul 13.11

Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta: Jakarta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta : Bandung.

Suryana, Yayan. 2015. Metode penelitian manajemen pendidikan. CV Pustaka Setia.

Downloads

Published

2019-12-24

How to Cite

Aprian, W. H., Astuti, F. H., & Garnika, E. (2019). PENGARUH KONSELING BEHAVIORISTIK TERHADAP ZOOPHOBIA PADA SISWA SMPN 11 MATARAM. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1). https://doi.org/10.33394/realita.v4i1.2146

Citation Check