PENGEMBANGAN METODE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SD

Authors

  • Baiq Sarlita Kartiani Dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram, Indonesia
  • M. Chairul Anam Dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/realita.v4i2.2158

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan metode picture and picture terhadap hasil belajar IPS siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Gerung Lombok Barat NTB. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan yang terdiri dari 10 tahap yaitu (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Ujicoba Produk, (7) Revisi Desain, (8) Ujicoba Pemakaian, (9) Revisi Produk, (10) Produk Akhir. . Instrumen yang digunakan adalah angket, tes, dan pedoman wawancara. Sedangkan uji coba dilakukan dengan tiga tahapan yaitu ujicoba terbatas, ujicoba lapangan, dan ujicoba akhir. Adapun untuk validator terdiri dari ahli pembelajaran, ahli materi dah ahli metode pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari masing-masing validator (ahli) adalah ahli pembelajaran diperoleh skor sebesar 99.99% sangat layak diujicobakan, ahli media diperoleh skor sebesar 83.3% layak, dan ahli materi diperoleh skor sebesar 93.6% sangat layak. Sedangkan pada saat uji coba terbatas dan uji coba lapangan diperoleh skor reratanya sebesar 75.6 % dan 87.6%. Hasil analisis data yang dilakukan pada siswa untuk mengetahui hasil belajar pada mata pelajaran IPS menggunakan metode picture and picture terjadi peningkatan dari 62.5 % (cukup baik) menjadi 87.6 % (sangat baik).

References

Anwar dan Hendra. 2011. Hasil Belajar. Bandung : Alfabeta

Brahim, Theresia. 2012. Bahan ajar Tentang Teori, Model,Pendekatan, Starategi, Metode, Tipe, Tehnik, Taktik, Media dan Belajar. Jakarta : Universitas Negeri Jakarta.

Bloom, Benyamin S. 1959. Taxonomi of Objectives : The Clasification of Education Goals. New York : Longman Inc

Djaali dan Mudjiono, 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta : Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

Gagne, Robert and Leslie J. Briggs. 2005. Prinsiples of Instructional Design. New York : Holt Rinehart and Winston.

Hamalik, oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Lif Amri Koiru. 2012. Factor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Yogyakarta : Bumi aksara.

Jurnal Pendidikan Dasar. 2012. Universitas Negeri Jakarta : PT Bumi Timur Jaya.

Jamaris, Martini. 2010. Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta Pusat : Yayasan Penamas Murni.

Majid, abdul. 2009. Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Ruhimat , Toto. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung : Alfabeta.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

24-12-2019

How to Cite

Kartiani, B. S., & Anam, M. C. (2019). PENGEMBANGAN METODE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SD. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2). https://doi.org/10.33394/realita.v4i2.2158

Citation Check