METODE BERCERITA SEBAGAI MEDIA PENANAMAN KARAKTER POSITIF PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Dewi Rayani Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram, Indonesia
  • Eneng Garnika Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/realita.v4i2.2168

Abstract

Metode bercerita merupakan salah satu media belajar yang bisa digunakan untuk meransang imajinasi anak usia dini. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh metode bercerita sebagai media penanaman karakter positif pada anak usia dini. Mendengarkan cerita merupakan suatu kesenangan yang disukai oleh anak usia dini, denga mendengarkan cerita bukan hanya audio anak yang diransang namun juga visual yaitu anak dapat melihat ekspresi sang pembaca untuk lebih dapat memahami isi pesan yang disampaikan oleh pembaca. Sampel yang diambil anak dengan usia 4-6 tahun dengan jumlah 12 anak. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dengan observasi dan wawancara kepada guru TK permata Bangsa dengan hasil yang didapat adalah metode bercerita terhadap anak usia dini sangatlah efektif untuk menanamkan karakter positif pada anak usia dini.

References

Alwisol, Psikologi kepribadian (edisi revisi), 2002 Malang. UMM Press

Abdul majid, dian andayani. 2010. Pendidikan karakter dalam perspektif islam. Bandung. Insan Cita Utama

Bagus Mustakim, (2011). Pendidikan karakter :membangun delapan karakter emas Indonesia menuju Indonesia bermartabat. Yogyakarta. Samudra Biru.

Cresswell, J. W. (2003). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE.

Jamal ma’mur Asmani, ( 2011). Panduan Internalisasi Sekolah . Yogyakarta. Diva Press

Jumini, dkk(2015, peningktan karakter kepedulian social melalui bercerita pada anak usia 5-7 tahun. Jurnal pendidikan dan pembelajaran. Vol 4(04).1-18

Lexy, J. Moleong. (2004). Metode Penelitian Kualitatif edisi Revisi. Bandung. Rosda Karya

Lyons, E., Coyle, A. (2007). Analysing Qualitative Data in Psychology. London. SAGE

Downloads

Published

24-12-2019

How to Cite

Rayani, D., & Garnika, E. (2019). METODE BERCERITA SEBAGAI MEDIA PENANAMAN KARAKTER POSITIF PADA ANAK USIA DINI. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2). https://doi.org/10.33394/realita.v4i2.2168

Citation Check