PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI MTs HIDAYATUSSIBYAN NW SANKERANG

Authors

  • Lalu Jaswandi (SINTA ID: 6190316) Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia
  • M. Samsul Hadi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia
  • Baiq Sarlita Kartiani Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia
  • Ahmad Muzanni Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/realita.v7i2.6656

Keywords:

Matematika Realistik, Kemampuan Komunikasi Matematika

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Dengan kata lain, penelitian eksperimen ini meneliti ada tidaknya pengaruh pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Komunikasi matematis siswa pokok bahasan system persamaan linear dua variable di MTs Hidayatussibyan NW sengkerang. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di MTs Hidayatussibyan NW Sengkerang Desain penelitian memberikan prosedur untuk mendapatkan informasi yang diperlukan untuk menyusun atau menyelesaikan masalah dalam penelitian. Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre Test dan Post Test untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematik awal dan kemampuan komunikasi matematik akhir siswa. Berdasarkan output Independent Sampel Test pada bagian “ Equal variances assumed diketahui nilai Sig 92-tailed) sebesar 0,039 < 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample test dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan komunikasi kelas eksperimen dan kelas control.

References

Asrul dan Syafaruddin. 2012. Inovasi Pendidikan. (Medan; Perdana Publishing),

Astuti, A., & Leonard. (2015). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Formatif, 2(2), 102–110.

Hariadi Ahmad, Ahmad Zainul Irfan dan Dedi Ahlufahmi. 2020. Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Penyesuaian Diri Siswa. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 1 Edisi April 2020. Hal 950 – 966. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati dan Jessica Festy Maharani. 2020. Pengaruh Dukungan Psikologis Awal pada Remaja dalam Pencegahan Covid 19. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 2 Edisi Oktober 2020. Hal 1091 – 1106. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Lidya Wurru dan Jessica Festy Maharani. 2021. Hubungan antara Keharmonisan Keluarga dengan Perilaku Agresif pada Siswa Madrasah Aliyah Raudlatusshibyan NW Belencong. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1205 – 1212. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Mustakim dan Syafaruddin. 2018. Hubungan antara Penyesuaian Diri dengan Berfikir Positif Siswa Kelas VIII SMP Negeri Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 1 Edisi April 2018. Hal 482 – 494. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad. 2021. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad. 2022. Pengaruh Media Visual terhadap Sikap Kemandirian SMA di Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No 1 Edisi April 2022. Hal 1508 – 1514. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Istarani dan Ridwan, M. 2014. 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. (Medan; CV. Iscom Medan), h.61 asar. (Jakarta; Kencana), H. 1.

Ramellan, P., Musdi, E., & Armiati. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pembelajaran Interaktif. Pendidikan Matematika, 1(2), 77–82.

Sita dan As’ad 2010. Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Volume 4 Nomor 3 Oktober 2020

Soedjadi R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. (Jakarta; Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi), h.11.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. (Jakarta; Kencana), h. 186.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan. 2009. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan bagian 3 Pendidikan Disiplin Ilmu Pendidikan. (Bandung; PT IMPERIAL BHAKTI UTAMA), h. 176.

Undang-undang SISDIKNA. 2010. Sistem Pendidikan Nasional. (Jakarta; fokusmedia),

Windayana, H. et al. (2007). Geometri dan Pengukuran. Bandung: UPI PRESS

Downloads

Published

2022-12-22

How to Cite

Jaswandi, L., Hadi, M. S., Kartiani, B. S., & Muzanni, A. (2022). PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI MTs HIDAYATUSSIBYAN NW SANKERANG. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 1814–1822. https://doi.org/10.33394/realita.v7i2.6656

Citation Check