IMPLEMENTASI KONSELING KRISIS UNTUK MENGATASI TRAUMA KORBAN BULLYING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Ahmad Syarofudin Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/realita.v8i1.6759

Keywords:

konseling krisis, trauma, korban bullying di Sekolah Menengah Atas

Abstract

Bullying menjadi permasalahan yang cukup sering terjadi di lingkungan sekolah, terutama Sekolah Menengah Atas. Siswa yang menjadi korban bullying tentu memiliki potensi trauma yang cukup besar. Jika hal itu terjadi sewaktu-waktu, maka perlu ada intervensi dari pihak yang sudah terlatih untuk mengatasi trauma. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi konseling krisis dalam mengatasi trauma korban bullying di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan, yaitu dengan menggunakan buku, jurnal, dan situs internet sebagai bahan penelitian. Sementara teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi konseling krisis untuk mengatasi trauma korban bullying akan berjalan efektif jika konselor profesional dan berpengalaman. Tahapan implementasinya sendiri mengikuti tahapan dari konseling krisis.

Downloads

Published

2023-04-14

How to Cite

Syarofudin, A. (2023). IMPLEMENTASI KONSELING KRISIS UNTUK MENGATASI TRAUMA KORBAN BULLYING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 1862 – 1868. https://doi.org/10.33394/realita.v8i1.6759

Citation Check