Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Penggunaan Media Kolase Pada Anak Kelompok A di PAUD Matahari Goak Daye Desa Aik Bukaq

Authors

  • Ahmad Zainul Irfan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia
  • M Najamuddin Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Mataram Nusa Tenggara Barat Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/realita.v8i1.7360

Keywords:

Meningkatkan, Kecerdasan Motorik Halus, Media Kolase

Abstract

Analisis ini dilakukan guna  mengembangkan kemampuan gerakan halus, melalui permainan kolase pada AUD kelompok A di PAUD Matahari dusun Goak Daye desa Aik Bukaq kecamatan Batukeliang Utara kabupaten lombok tengah  tahun 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kolase karena dengan metode tersebut anak dapat meningkatkan kemampuan gerak halus, seperti anak dapat berkarya seperti menempel kain, menempel biji-bijian, mengenal macam bijian, jenis ikan, serta menyatukan dua lembar kertas.    Penelitian  dilakukan selama 2 siklus, dalam satu siklus terdapat 3  kali pertemuan dengan melakukan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan melakukan hipotesis setelah kegiatan pembelajaran selesai untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan selama pembelajaran tersebut pada pelaksanaan siklus terdapat beberapa masalah yang harus diperbaiki antara lain dengan membuat sekenario perbaikan. Hasil penelitian menunjukkan media kolase yang dipakai dapat mengembangkan kemampuan gerak halus anak pada AUD dengan penyelarasan mata dan tangan mulai bertambah lewat aktivitas menempel, ketika menempel jari jari tangan anak akan bersirkulasi mengikuti motif atau pola.

References

Adam. Steffi dan Muhammad Taufik Syastra. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. Dalam CBIS Journal

Dimyati & Mudjiono, 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Jakarta : Depdiknas,Dirjen Dikti

Jihad & Haris, 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Persindo.

Miky Chiang, M. Syukri, Halida, Peningkatan Kreativitas Melalui Pembelajaran Kolase Dengan Menggunakan Bahan Alam Pada Anak Usia 5-6 Tahun. (Pontianak).Diambildari:http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/16385/14226

MS, Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini.

Purwono. Joni, dkk. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri1 Pacitan. Dalam Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran

Susanto, M., 2002:63 dalam bukunya Syakir Muharrar & Sri Verayanti R, Kreasi Kolase, Montaze, Mozaik Sederhana, (Erlangga:2013)

Wijaya & Dedi, 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Indeks.

Downloads

Published

2023-04-14

How to Cite

Irfan, A. Z., & Najamuddin, M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Penggunaan Media Kolase Pada Anak Kelompok A di PAUD Matahari Goak Daye Desa Aik Bukaq. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 1918–1924. https://doi.org/10.33394/realita.v8i1.7360

Citation Check