PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA DINI DI PAUD AL HIDAYAH KOPANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Baiq Sarlita Kartiani (SINTA ID: 6188156) Prodi Bimbingan dan Konseling FIPP Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia
  • Mustakim Mustakim Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia
  • Dewi Handriyani Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/realita.v5i1.8711

Keywords:

Rasa Percaya Diri, Metode Bermain Peran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap rasa percaya diri anak di PAUD Al Hidayah Kopang, (2) mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap rasa percaya diri anak di PAUD Al Hidayah Kopang .Hal ini dibuktikan dengan nilai t-test yang diperoleh dalam penelitian ini adalah thitung 2.185 dengan derajat kebebasan (N-1) = 20-1 = 19 dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (Db) 20 pada tabel nilai “t†adalah 2.103. Dengan demikian nilai thitung yang diperoleh dalam penelitian sebesar 2.185 telah berada di atas angka batas yang besarnya 2.103 atau dengan kata lain bahwa thitung lebih besar dari ttabel 2.185 2.103, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak sedangkan  hipotesis  alternative (Ha) diterima pada taraf signifikan 5% dengan db = 20 dapat dikatakan bahwa ada Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia Dini di PAUD Al Hidayah Kopang Kab. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020.

References

Anwar. 2017. Kepercayan diri anak PAUD. http:/landasan teori.blogspot.com. Diakses tanggal, 23 November 2019.

Ghozali, Imam. 2012.Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS20. UNDIP, Semarang.

Halida. 2011. Metode Bermain Perandalam Mengoptimalkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini (4-5 Tahun). Skripsi. Pontianak. FKIP. Universitas Tanjung Pura.

Hurlock, Elizabeth B.. 1993. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Rahayu. 2017. Menumbuhkan kepercayaan diri melalui kegiatan bercerita. Jakarta: Indeks.

Sanjaya,Wina.2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Kencana: Jakarta.

Salirawati, D (2012). Percaya Diri, Keingintahuan dan Berjiwa Wirahusaha Tiga Karakter Penting Bagi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Karakter, Nomor II Tahun 2,218-219.

Santrock, J. W Life Span Development Jilid I (Alih Bahasa: Juda Damanik dan Achmad Chusairi). Jakarta: Erlangga.

Siregar, S. 2014. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kualitatif. Bumi Aksara: Jakarta.

Siti Marhamah. 2014. Peningkatan Kemandirian Anak Melalui Bermain Peran Pada Anak Kelompok A di TK Wonorejo Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014. Artikel. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.

Widhadirane Triardhila K.N. 2013. Pengaruh Metode Bermainperan Terhadap Peningkatan Perilaku Prososial Anak TKA LAB. UM Kota Blitar. Artikel. Universitas Negeri Malang.

Zaman, B. (2018). Materi Pokok Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Zubair, A. (2018). Mengenal Dunia Bermain Anak. Yogyakarta: Banyu Media.

Downloads

Published

2020-04-28

How to Cite

Kartiani, B. S., Mustakim, M., & Handriyani, D. (2020). PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA DINI DI PAUD AL HIDAYAH KOPANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1). https://doi.org/10.33394/realita.v5i1.8711

Citation Check