PENGARUH KEGIATAN BERMAIN CLAY TEPUNG TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK A DI PAUD ALANG-ALANG

Authors

  • Jessica Festy Maharani Dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/realita.v2i2.948

Abstract

Abstrak Kegiatan bermain clay tepung mengandung latihan-latihan menggunakan pengamatan dan perabaan serta berdasarkan pendapat koordinasi  mata dan tangan sehingga anak dapat mengembangkan kemampuan dalam membandingkan, melihat hubungan-hubungan, serta menarik kesimpulan dan memecahkan masalah. Melalui kegiatan bermain clay tepung diharapkan dapat mengembangakan kemampuan kognitif dan motorik halus. Tujuan dari penulisan ini, yaitu untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain clay tepung terhadap perkembangan kognitif melalui kegiatan mengelompokkan bentuk, mengklasifikasikan clay tepung berdasarkan warna, melakukan pengamatan terhadap bahan clay tepung,

Kata Kunci: clay tepung, kognitif,

References

Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kemampuan Kognitif di TK. Jakarta: Direktorat Jendral pendidikan Dasar dan Menengah.

Suyanto, Slamet.2005. konsep dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sujiono, Bambang. 2008. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta. Universitas Terbuka.

Santrok, W, Jhon. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Airlangga.

Docket, Sue dan Fleer, Marilyn. (2000). Play and Pedagody inEarly Childhood: Bending the Rules. Sydney: Harcourt Brace.

Nur Jatmika Yusep. 2012, Ragam Aktivitas Harian Untuk Play Group. Jogjakarta: Diva Press.

Oxidine, Joseph B. 1984. Psychology of Motor Learning Second Edition. Prentice Hall: New Jersey.

Published

2020-12-18

How to Cite

Maharani, J. F. (2020). PENGARUH KEGIATAN BERMAIN CLAY TEPUNG TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK A DI PAUD ALANG-ALANG. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2). https://doi.org/10.33394/realita.v2i2.948

Citation Check