Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kegiatan Kamis Budaya di SDN 2 Maria

Authors

  • Ana Rauhul Zannah Universitas Mataram, Indonesia
  • Sukri Sukri Universitas Mataram, Indonesia
  • Fitri Puji Astria Universitas Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtni.v11i1.17036

Abstract

Abstract: The issue of student character is a major concern in the world of education today, especially at the elementary school level. In an effort to instill moral and ethical values, SDN 2 Maria develops Cultural Thursday activities as a medium for character building based on local wisdom. This study aims to analyze the character education values reflected in the Cultural Thursday activities at SDN 2 Maria. This study used a descriptive qualitative approach with data collection techniques through observation, interviews and documentation. The object of this research is the Cultural Thursday activity. The research subjects consisted of principals, teachers, and students.  The results showed that Cultural Thursday activities at SDN 2 Maria are able to instill various character values, including religion, nationalism, mutual cooperation, independence, integrity, discipline, and love of culture.

Key Words: Character Education, Thursday Culture, Elementary School

Abstrak: Permasalahan karakter peserta didik menjadi perhatian utama dalam dunia pendidikan saat ini, khususnya pada jenjang sekolah dasar. Dalam upaya menanamkan nilai-nilai moral dan etika, SDN 2 Maria mengembangkan kegiatan Kamis Budaya sebagai wahana pembentukan karakter peserta didik yang berbasis kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter yang tercermin dalam kegiatan Kamis Budaya di SDN 2 Maria. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek dari penelitian ini adalah kegiatan Kamis Budaya. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru, dan peserta didik.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Kamis Budaya di SDN 2 Maria mampu menanamkan berbagai nilai karakter, antara lain religius, nasionalisme, gotong royong, kemandirian, integritas, kedisiplinan, dan cinta budaya.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kamis Budaya, Sekolah Dasar


References

Aisyah, N. N., & Fitriatin, N. (2025). Krisis Moral dan Etika di Kalangan Generasi Muda Indonesia dalam Perspektif Profesi Guru. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 5, 329–337.

Anaputri, L. R., Bidadari, N. B., & Virdaningrum, W. M. (2022). Implementasi Peraturan Berpakaian Adat terhadap Pendidikan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2), 91–100. https://doi.org/10.32493/jpkn.v9i2.y2022.p91-100

Anatasya, E., Rafifah, T., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2023). Implementasi Pendidikan Berbasis Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(3), 6063–6072. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1372

Fiolanisa, S., Lestari, D., Prasasti, D. A., & Santoso, G. (2023). Hubungan Pendidikan Karakter dengan Pola Perilaku Siswa di Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 2(2), 380–390.

Helvana, N., & Hidayat, S. (2020). Permainan Tradisional untuk Menumbuhkan Karakter Anak. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 253–260. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.25623

Hudi, I., Purwanto, H., Miftahurrahmi, A., Marsyanda, F., Rahma, G., Aini, A. N., & Rahmawati, A. (2019). Krisis Moral Dan Etika Pada Generasi Muda Indonesia. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2, 233–241.

Islami, D. (2022). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, 1(2), 123–130. https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1225

Kamaruddin, I., Zulham, Utama, F., & Fadilah, L. (2023). Pendidikan Karakter di Sekolah: Pengaruhnya Terhadap Pengembangan Etika Sosial dan Moral Siswa. Attractive : Innovative Education Journal, 5(3).

Kemendikbud. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka, Muatan Kearifan Lokal Bisa Dimasukkan Melalui Tiga Opsi. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/08/implementasi-kurikulum-merdeka-muatan-kearifan-lokal-bisa-dimasukkan-melalui-tiga-opsi

Matthew, B., Miles, A. M. H., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: a methods. Arizona State University.

Mewar, M. R. A. (2021). Krisis Moralitas Pada Remaja Di Tengah Pandemi Covid-19. Perspektif, 1(2), 132–142. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.47

Nawawi, R. I., & Bedi, F. (2025). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal untuk Menghadapi Isu-Isu Strategis Terkini di Era DigitaL. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10, 953–954.

Ramdani, A. F., Restian, A., & Cahyaningtiyas, I. A. (2020). Analisis Pembelajaran Tari Tradisional Dalam Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(2), 119–127. https://doi.org/10.17977/um009v29i22020p119

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research adn Development). Alfabeta.

Susanti, M. R., Fadhila, K. H., & Khoiri, A. (2025). Upaya Guru Dalam Pemanfaatan Makanan Tradisional Sebagai Sumber Belajar Berbasis Kearifan Lokal Di RA Masyitoh Singkir. JIEEC, 7(1), 1–12.

Downloads

Published

2025-03-28

How to Cite

Zannah, A. R., Sukri, S., & Astria, F. P. (2025). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kegiatan Kamis Budaya di SDN 2 Maria. Transformasi : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 11(1), 187–197. https://doi.org/10.33394/jtni.v11i1.17036

Issue

Section

Articles

Citation Check