EFEKTIVITAS MEDIA GAME MENGETIK INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS5

Authors

  • Wiwien Kurniawati IKIP Mataram, Indonesia
  • Restu Wibawa IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtp.v3i1.1221

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Hal ini disebabkan karena tingkat intelegensi, minimnya motivasi belajar, cara belajar kurang efektif, kurangnya frekuensi dan jumlah waktu belajar, tingkat disiplin diri kurang, media belajar atau bahan ajar yang belum mencukupi disediakan pihak sekolah. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini adalah: Untuk mengetahui Media Game Mengetik Interaktif Berbasis Adobe Flash CS5 Efektif Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran TIK Jurusan TKJ Kelas X-2 di SMKN 1 Labuapi Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen one design group pre-test post-test. Sampel dalam penelitian ini tidak digunakan karena populasi yang relatif sedikit sehingga menggunakan studi populasi. Adapaun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunkan rumus chi square. Sesuai dengan hasil perhitungan chi square yang diperoleh melalui analisis ternyata nilai yang diperoleh = 4,874.sedangkan nilai chi square dalam tabel dengan N = (C-1)(R-1)=(5-1)(2-1)=4 dengan taraf signifikansi 5% = 3,841 dengan demikian bahwa nilai chi square analisis lebih besar dari pada nilai chi square tabel (4,874.> 3,841). Hal ini berarti hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Adobe Flash CS5, Game Interaktif, Motivasi Belajar.

References

Arief S, Sadiman, (dkk). 2010. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grapindo Persada

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Sutarto, S.Pd, M.Pd., Syarifuddin, S.Pd, M.Pd., 2013. Desain Pembelajaran Matematika .Yogyakarta: Samudra Biru

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

IKIP Mataram. 2011, 12 Februari. Pedoman Pembimbingan Dan Penulisan Karya Ilmiah. Hal,13

Samsudin, Sadili. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia

Hasibuan. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Sadirman, A.M. 2011. Interasi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Nur Hidayanto, 2017. Pengembangan Media Interaktif. Jurnal. Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Downloads

Published

2019-02-08

How to Cite

Kurniawati, W., & Wibawa, R. (2019). EFEKTIVITAS MEDIA GAME MENGETIK INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS5. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.33394/jtp.v3i1.1221

Issue

Section

Articles

Citation Check