Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran IPS Terpadu

Authors

  • Rika Aprilia Sari Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah Dan Tadris, Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu, Indonesia
  • Adisel Adisel Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Tadris Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu, Indonesia
  • Desy Eka Citra Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Tadris Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.6291

Keywords:

Teori Belajar, Konstruktivisme, IPS Terpadu,

Abstract

Konstruksi berarti bersifat membangun. Dalam konteks filsafat pendidikan,konstruktivisme adalah suatu upaya membangun tata susunan hidup yangberbudaya modern. Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran IPS terpadu dan hambatan implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran IPS terpadu. Meteode penelitian dalam penelitian ini meliputi jenis penelitian kualitatif, penulis mengolah hasil wawancara dan observasi menganalisis dan menyimpulkannya, lalu dilakukan analisis data. Hasil penelitian dalam pelaksanaan suatu pembelajaran, RPP di buat bertujuan dalam proses pembelajaran dapat sesuai dengan tujuan pembelajaran, barulah dapat diterapkan pendekatan konstruktivisme. Pelaksanaan kegiatan awal mencerminkan sebuah apersepsi dan motivasi yaitu mempersiapkan siswa sebelum belajar, mengajak siswa bersama-sama berdoa sebelum memulai proses pembelajaran dan mengabsen siswa. tahap evaluasi ditujukan untuk mengukur keberhasilan atau sebagai proses penilaian sampai sejauh mana tujuan dicapai dengan cara pemberian nilai. Kendala implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran IPS yang mempengaruhi ada dua yaitu faktor penghambat dan faktor pendukung. Faktor penghambat yaitu kelas tidak terkontrol karena siswa sangat berantusias dalam belajar.

References

Andi Wildani. (2020). “Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswaâ€. E-Journal Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Anita. (2011). Penerapan Model Pembelajaran KonstruktivismeUntuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengidentifikasi Benda Berdasarkan Cirinyadi Kelas I Mim Kembaran Wetan Purbalingga Semester Gasal Tahun Pelajaran 2010/2011. Thesis (Online), IAIN Purwokerto.

Asep Suryadi. (2009). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar Sains Siswa Mi Nurul Islamiyah Ciseeng Bogor. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.

Azwar, Saifuddin. (2012). Realibilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Burhan Bungin. (2010). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali.

Danang Wahyu Hidayat. (2019). Implementasi Teori Belajar Konstruktivistik Dalam Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Smp Muhammadiyah 4 Sambi. Jurnal Buleten Literasi Budaya. Universitas Muhammadyah Surakarta.

Djafar, Tengku Zahara. (2001). Konstribusi Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Eka Jasumayanti, Suhardi Marli, Ngatiyo. Korelasi Antara Pendekatan Konstruktivisme Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS SD. JPPK: Journal of Equatorial Education and Learning. DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1413.

Eveline Siregar. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Grahalia Indonesia.

Hasbullah. (2009). Dasar-Dasar Ilmu Pendidkan. Jakarta : Rajawali Press.

Jafar Shodiq, Rani Maretia, Liyan Desi Yulia. (2018). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV MI Negeri 2 Lampung Barat. JPGMI, Vol. 4, No. 2, Hal [60-69] ISSN : 2477-1848.

Meli Febriani. (2021). IPS Dalam Pendekatan Konstruktivisme (Studi Kasus Budaya Melayu Jambi). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Pascasarjana FKIP Pendidikan Sejarah, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia.

Miles dan Huberman. (2014). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Moh. Yamin. (2015). Teori dan Metode Pembelajaran. Jatim: Madani.

Oktarina, Rani. (2016). Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di SMP PGRI 11 Palembang. Skripsi (Online).UIN Raden Fatah Palembang.

Paul Suparno. (2001). Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Sakinah, Balik. (2010). Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Pada Siswa Kelas IV SDN Jeblog Kecamatan Talun Blitar. Skripsi (Online). Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. FIP.Universitas Negeri Malang.

Sigit Mangun Wardoyo. (2015). Pembelajaran Konstruktivisme. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Peneleitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukirno. (2015). Pembelajaran IPS Dengan Pendekatan Konstruktivisme. Jurnal Seuneubok Lada, Vol. 2, No.1.

Thobroni. (2016). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Published

2023-01-24

How to Cite

Sari, R. A., Adisel, A., & Citra, D. E. (2023). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran IPS Terpadu. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 193–203. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.6291

Issue

Section

Articles

Citation Check