Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran IPS Terpadu
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.6291Keywords:
Teori Belajar, Konstruktivisme, IPS Terpadu,Abstract
Konstruksi berarti bersifat membangun. Dalam konteks filsafat pendidikan,konstruktivisme adalah suatu upaya membangun tata susunan hidup yangberbudaya modern. Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran IPS terpadu dan hambatan implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran IPS terpadu. Meteode penelitian dalam penelitian ini meliputi jenis penelitian kualitatif, penulis mengolah hasil wawancara dan observasi menganalisis dan menyimpulkannya, lalu dilakukan analisis data. Hasil penelitian dalam pelaksanaan suatu pembelajaran, RPP di buat bertujuan dalam proses pembelajaran dapat sesuai dengan tujuan pembelajaran, barulah dapat diterapkan pendekatan konstruktivisme. Pelaksanaan kegiatan awal mencerminkan sebuah apersepsi dan motivasi yaitu mempersiapkan siswa sebelum belajar, mengajak siswa bersama-sama berdoa sebelum memulai proses pembelajaran dan mengabsen siswa. tahap evaluasi ditujukan untuk mengukur keberhasilan atau sebagai proses penilaian sampai sejauh mana tujuan dicapai dengan cara pemberian nilai. Kendala implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran IPS yang mempengaruhi ada dua yaitu faktor penghambat dan faktor pendukung. Faktor penghambat yaitu kelas tidak terkontrol karena siswa sangat berantusias dalam belajar.
References
Andi Wildani. (2020). “Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswaâ€. E-Journal Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Anita. (2011). Penerapan Model Pembelajaran KonstruktivismeUntuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengidentifikasi Benda Berdasarkan Cirinyadi Kelas I Mim Kembaran Wetan Purbalingga Semester Gasal Tahun Pelajaran 2010/2011. Thesis (Online), IAIN Purwokerto.
Asep Suryadi. (2009). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar Sains Siswa Mi Nurul Islamiyah Ciseeng Bogor. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.
Azwar, Saifuddin. (2012). Realibilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Burhan Bungin. (2010). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali.
Danang Wahyu Hidayat. (2019). Implementasi Teori Belajar Konstruktivistik Dalam Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Smp Muhammadiyah 4 Sambi. Jurnal Buleten Literasi Budaya. Universitas Muhammadyah Surakarta.
Djafar, Tengku Zahara. (2001). Konstribusi Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.
Eka Jasumayanti, Suhardi Marli, Ngatiyo. Korelasi Antara Pendekatan Konstruktivisme Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS SD. JPPK: Journal of Equatorial Education and Learning. DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1413.
Eveline Siregar. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Grahalia Indonesia.
Hasbullah. (2009). Dasar-Dasar Ilmu Pendidkan. Jakarta : Rajawali Press.
Jafar Shodiq, Rani Maretia, Liyan Desi Yulia. (2018). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV MI Negeri 2 Lampung Barat. JPGMI, Vol. 4, No. 2, Hal [60-69] ISSN : 2477-1848.
Meli Febriani. (2021). IPS Dalam Pendekatan Konstruktivisme (Studi Kasus Budaya Melayu Jambi). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Pascasarjana FKIP Pendidikan Sejarah, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia.
Miles dan Huberman. (2014). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Moh. Yamin. (2015). Teori dan Metode Pembelajaran. Jatim: Madani.
Oktarina, Rani. (2016). Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di SMP PGRI 11 Palembang. Skripsi (Online).UIN Raden Fatah Palembang.
Paul Suparno. (2001). Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Sakinah, Balik. (2010). Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Pada Siswa Kelas IV SDN Jeblog Kecamatan Talun Blitar. Skripsi (Online). Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. FIP.Universitas Negeri Malang.
Sigit Mangun Wardoyo. (2015). Pembelajaran Konstruktivisme. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Peneleitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukirno. (2015). Pembelajaran IPS Dengan Pendekatan Konstruktivisme. Jurnal Seuneubok Lada, Vol. 2, No.1.
Thobroni. (2016). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)