PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MS POWERPOINT BERBASIS GAME TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Hendra Gunawan IKIP Mataram, Indonesia
  • Zinnurain Zinnurain IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtp.v3i1.1222

Abstract


Media pembelajaran yang bervariasi dan inofatif pada dasarnya bertujuanuntuk menciptakan kondisi pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat belajar secara aktif dan menyenangkan sehingga dapat meraih hasil belajar dan prestasi yang optimal. Media pembelajaran yang biasa seperti menjelaskan dan mencatat yang digunakan guru di sekolah adalah salah satu penyebab kurang optimalnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah adaPengaruh Penggunaan Media Ms Powerpoint Berbasis Game Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas Vii Di Smpn 4 Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018 ?. Tujuan penelitian ini untuk menemukan Pengaruh Penggunaan Media Ms Powerpoint Berbasis Game Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas Vii Di Smpn 4 Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian adalah eksperimen, dengan jumlah populasi 25orang, dalam penelitian ini mencangkup seluruh siswa kelas VII SMPN 4 Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode Tes sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi, wawancara, dan observasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus T-tes. Hasil analisis diperoleh nilai thitung sebesar 6,468 dan nilai ttabel pada taraf Signifikansi 5% dengan d.b (N-1) = 25-1= 24 lebih besar dari pada nilai t pada tabel (6,468 > 2,064), berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi: ada Pengaruh Penggunaan Media Ms Powerpoint Berbasis Game Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas Vii Di Smpn 4 Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini “signifikanâ€.

Kata Kunci: Powerpoint, Game, Hasil Belajar.

References

Arikunto,S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

_________ . 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Bandung: Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2015.Media Pembelajaran.Jakarta : Kharisma Putra Utama Offset.

Darmawan, D. 2015 .Teknologi Pembelajaran .Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Daryanto. 2015. Media Pembelajaran. Bandung: Pt Sarana Tutorial Nurani Sejhtera .

Masrohhaziz, D. 2016. Pengaruh Media Pembelajaran Powerpoint Tampilan Facebook Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX

Downloads

Published

2019-02-08

How to Cite

Gunawan, H., & Zinnurain, Z. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MS POWERPOINT BERBASIS GAME TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.33394/jtp.v3i1.1222

Issue

Section

Articles

Citation Check