PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MS POWERPOINT BERBASIS GAME TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v3i1.1222Abstract
Media pembelajaran yang bervariasi dan inofatif pada dasarnya bertujuanuntuk menciptakan kondisi pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat belajar secara aktif dan menyenangkan sehingga dapat meraih hasil belajar dan prestasi yang optimal. Media pembelajaran yang biasa seperti menjelaskan dan mencatat yang digunakan guru di sekolah adalah salah satu penyebab kurang optimalnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah adaPengaruh Penggunaan Media Ms Powerpoint Berbasis Game Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas Vii Di Smpn 4 Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018 ?. Tujuan penelitian ini untuk menemukan Pengaruh Penggunaan Media Ms Powerpoint Berbasis Game Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas Vii Di Smpn 4 Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian adalah eksperimen, dengan jumlah populasi 25orang, dalam penelitian ini mencangkup seluruh siswa kelas VII SMPN 4 Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode Tes sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi, wawancara, dan observasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus T-tes. Hasil analisis diperoleh nilai thitung sebesar 6,468 dan nilai ttabel pada taraf Signifikansi 5% dengan d.b (N-1) = 25-1= 24 lebih besar dari pada nilai t pada tabel (6,468 > 2,064), berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi: ada Pengaruh Penggunaan Media Ms Powerpoint Berbasis Game Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas Vii Di Smpn 4 Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini “signifikanâ€.
Kata Kunci: Powerpoint, Game, Hasil Belajar.
References
Arikunto,S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
_________ . 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Bandung: Rineka Cipta.
Arsyad, A. 2015.Media Pembelajaran.Jakarta : Kharisma Putra Utama Offset.
Darmawan, D. 2015 .Teknologi Pembelajaran .Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Daryanto. 2015. Media Pembelajaran. Bandung: Pt Sarana Tutorial Nurani Sejhtera .
Masrohhaziz, D. 2016. Pengaruh Media Pembelajaran Powerpoint Tampilan Facebook Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)