EFEKTIVITAS MEDIA MODUL BERBASIS GAMBAR TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v3i1.1224Abstract
Strategi pembelajaran dengan media yang tepat pada dasarnya bertujuan untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat belajar secara aktif dan menyenangkan sehingga dapat membangkitkan kreativitasnya saat praktik pembuatan animasi yang optimal. Strategi pembelajaran yang biasa seperti menjelaskan dan mencatat yang digunakan guru di sekolah adalah salah satu penyebab kurangnya kreativitas belajar siswa saat akan melakukan praktik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Ada Efektivitas Pemanfaatan Modul Berbasis Gambar Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Materi Pelajaran Pembuatan Animasi Siswa Kelas X SMK NW Kembang Kerang Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini untuk Menganalisi Efektivitas Pemanfaatan Modul Berbasis Gambar Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Materi Pelajaran Pembuatan Animasi Siswa Kelas X SMK NW Kembang Kerang Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik study populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi, observasi dan wawancara sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus T-tes. Hasil analisis diperoleh nilai thitung sebesar 5,302 dan nilai ttabel pada taraf Signifikansi 5% dengan d.b (N-1)=29-1=28, lebih besar dari pada nilai t pada tabel (5,302 > 2,048), berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi: Terdapat Efektivitas Pemanfaatan Modul Berbasis Gambar Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Materi Pelajaran Pembuatan Animasi Kelas X SMK NW Kembang Kerang Kabupaten Lombok Timur Tahun Ajaran 2017/2018, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini “signifikanâ€.
Â
Kata Kunci: Modul Berbasis Gambar, Kreativitas Belajar.
References
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
__________. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
IKIP Mataram.2011. Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah.Mataram: IKIP Mataram.
Sugiyono. 2009. Metode Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif dan R&D) Bandung: CV.Alfabeta
__________. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Kualitatif dan Kuantitatif R&D) Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)