PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WEBBED (JARING LABA-LABA) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v3i1.1225Abstract
Masalah yang ditemukan di Kelas V SDN 16 Mataram adalah pada saat pembelajaran berlangsung seringkali dijumpai adanya siswa yang kurang berpartisipasi aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, ini disebabkan karena guru masih belum maksimal dalam menggunakan model pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Untuk itu guru seharusnya dituntut untuk lebih dapat mengemas suatu materi dengan menggunakan model pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi efektif dan menyenangkan. Rumusan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran webbed (jaring laba-laba) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS terpadu di SDN 16 Mataram tahun pelajaran 2017/2018. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran webbed (jaring laba-laba) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS terpadu di SDN 16 Mataram tahun pelajaran 2017/2018â€. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan One Group Pre-test post-test design, dengan bentuk one group pretest–postest design Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN 16 Mataram yang memiliki motivasi belajar yang rendah, sampel yang digunakan berjumlah 45 orang siswa. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes sebagai metode pokok dan metode observasi dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk analisis data menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian yaitu: nilai t-test sebesar 8.726, sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% = 2.0154. Dengan demikian nilai thitung lebih besar dari pada nilai ttabel (8.726 > 2.0154). sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini “signifikanâ€. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis Nol ( 12H0"> )ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) di terima.
Â
Kata Kunci: Model Pembelajaran Webbed (Jaring laba-laba), Hasil Belajar
References
Arikunto, S. 2009. Manajmen Penelitian . Jakarta : Rineka Cipta.
Dalyono. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Daryanto, 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Jogjakarta: Gava Media.
Hamalik, O. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitas. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wahab, A. & Shaleh, R,. 2005. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakata: Prenada Media.
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)