PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF KATA BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v3i1.1226Abstract
Pada pengamatan awal, guru Bahasa Inggris pada SD Integral Luqman Al-Hakim Mataram  seringkali  menggunakan  metode  konvensional yaitu  metode  ceramah. Karena Bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang membutuhkan partisipasi aktif siswa untuk mempelajarinya, maka metode ceramah yang lebih bersifat berpusat pada guru  tidak  tepat  untuk  digunakan. Sering  kali  siswa  tidak  dapat  menangkap penjelasan guru. Kebanyakan siswa hanya mendengarkan dan mencatat apa yang dijelaskan oleh guru sedangkan mereka tidak memahami materi pembelajaran itu sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah Ada Pengaruh Model Pembelajaran Induktif Kata Bergambar  terhadap Hasil Belajar  Siswa Pada  Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas V di SD Integral Luqman Al-Hakim Tahun Ajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui Apakah Ada Pengaruh Model Pembelajaran Induktif Kata Bergambar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas V Di SD Integral Luqman Al-Hakim Mataram Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Integral Luqman  Al-Hakim  Mataram  yang  berjumlah 65  orang  siswa.  Karena populasi kurang dari 100 maka penelitian ini menggunakan studi populasi. Rancanagan penelitian menggunakan one-Group pretes-posttes design. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Tehnik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus ttes. Hasil analisis diperoleh nilai ttest sebesar 5,170 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% dengan db = N-1 = 25 lebih besar daripada nilai ttest pada tabel (5,170>2,060), berarti bahwa  ditolak dan Ha  diterima yang berbunyi: Ada Pengaruh Model Pembelajaran Induktif Kata Bergamabar  terhadap  Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas V Di SD Integral Luqman Al- Hakim Mataram Tahun Ajaran 2017/2018, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini “signifikanâ€.Â
Kata Kunci: Model Pembelajaran Induktif Kata Bergambar, Hasil Belajar.References
Huda, Miftahul. 2013. Mode-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Huda, Miftahul. 2013. Mode-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
IKIP Mataram. 2011 Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah. Mataram.
Martono, Nanang. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Mukhlas , Sumani. 2011. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Pelajar.
Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ridwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suprijono , Agus. 2016. Model-model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Shohimin , Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Susanto , Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. 2010. Metodelogi Penelitian. Bandung: Alfabeta
Susilana, R & Riyana, C. 2012. Media pembelajaran hajikat, pengembangan, pemanfaatan dan penilaian. Bandung: C.V Wacana Prima.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)