PERBANDINGAN STRATEGI THE POWER OF TWO DAN STRATEGI COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v3i1.1227Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak guru yang menggunakan strategi pembelajaran monoton sehingga pada proses pembelajaran seringkali dijumpai adanya siswa yang kurang berpartisipasi aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, strategi yang tepat pada dasarnya bertujuan untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat belajar secara aktif dan bebas mengeluarkan pendapat mereka dalam pemecahan masalah sehingga dapat meraih hasil belajar yang optimal. Maka dalam hal ini strategi yang dapat digunakan adalah strategi the power of two dan cooperative script. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Perbedaan antara strategi pembelajaran The Power of Two dan strategi Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Kopang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Populasi sebanyak 113 siswa dan sampel sebanyak 46 siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus t-tes. Untuk membuktikan ada perbedaan hasil belajar siswa dilihat dari nilai (xâ‚) Ì… = 80,523 dan x Ì…â‚‚ = 73,043. Hasil analisis diperoleh nilai thitung sebesar 4,707 dan nilai ttabel pada taraf Signifikan 5% dengn d.b (N1-1)+(N2-1)= (23-1)+(23-1)= 22+22=44 lebih besar dari pada nilai t pada tabel (4,707 > 2,015), berarti Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi: Ada Perbedaan Antara Strategi the power of two dan Strategi cooperative script Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Kopang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penellitian ini “signifikanâ€.
Kata Kunci: Strategi The Power of Two, Cooperative Script, Hasil Belajar
References
Ali, M. 2013. “Penelitian Kependidikan Prosedur Dan Strategiâ€. Bandung : CV Angkasa.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmansyah. 2010. Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. 2014. Kurikulum dan pembelajaran, Jakarta : bumi aksara.
Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangakan Profesionalisme Guru. Bandung: Kharisma Putra Utama.
Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indoneisa.
Silberman, M. 2009. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. 2013. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)