PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA

Authors

  • Murniati Murniati IKIP Mataram, Indonesia
  • Endah Resnandari Puji Astuti IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtp.v3i1.1229

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu penjelasan guru dalam mengajar yang bersifat monoton, gaya mengajarnya yang bersifat membosankan, mengakibatkan siswa kurang aktif disaat proses belajar, sehingga hasil yang diperoleh kurang efektif. Salah satu untuk mengatasi masalah belajar dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), sehingga dapat mengatasi masalah dalam belajar.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah AdaPengaruhModel Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn kelas VIII di SMPN 3 Gerung Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017?Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn kelas VIII di SMPN 3 Gerung Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus Chi kuadrat (. Hasil analisis diperoleh nilai sebesar12,320 dan nilai  pada taraf Signifikan 5% dengan dk(k-1)=5-1=4  (R-1)=2-1=1+4= 5,lebih besar dari pada nilai  pada tabel (12,320 >11,070), berarti bahwa ditolak dan Ha diterima yang berbunyi: ada pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn kelas VIII di SMPN 3 Gerung Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini“signifikanâ€.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps), Kreativitas Belajar.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps), Kreativitas Belajar.

References

Agus Suprijono. 2016. Model-model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Budiyanto, Krisno, Agus. 2016. Model Pembelajaran dalam studen centered Learning (Scl). Malang : Umm Press

Dwiyogo, W.D. 2008. Pembelajaran Visioner. Bekasi: Media Visioner.

Huda, Miftahul. 2013. Model- model pengajaran dan pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Belajar

Hulfian, L. 2014. Penelitian Dikjas. Lombok Timur: Garuda Ilmu.

IKIP Mataram, 2011. Pedoman Pimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah. Mataram

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Munawaroh, Asmawati. Upaya Meningkatkan Kreativitas Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Keterampilan Bertanya Dasar Di Siswa Kelas IV SD Negeri Nolobangsan Yogyakarta : 11.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Martono, Nanang. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raya Grafindo Persada.

Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2019-02-08

How to Cite

Murniati, M., & Astuti, E. R. P. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(1), 75–86. https://doi.org/10.33394/jtp.v3i1.1229

Issue

Section

Articles

Citation Check