PENGARUH REINFORCEMENT GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMPN 2 SAKRA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v3i1.1230Abstract
Pendidikan di sekolah mempunyai tujuan untuk menjadikan para siswanya agar mencapai suatu perkembangan yang optimal sesuai dengan bakat, kemampuan, minat serta cita-citanya masing-masing. Untuk mencapai tujuan tersebut maka di dalam proses belajar mengajar seorang guru hendaknya menciptakan situasi lingkungan yang memungkinkan supaya anak aktif dalam belajar. Guru juga harus memiliki komponen dan kompetensi dalam interaksi belajar mengajar. Disamping memiliki komponen dan kompetensi yang dimiliki, seorang guru juga hendaknya memiliki keterampilan dalam memberikan reinforcement. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif, adapun jenis penelitian yangg eksperimen. Dan teknik dalam pengumpulan data penulis menggunakan angket dan metode dokumentasi. Dengan melihat dari jenis data, maka dapat ditentukan teknik analisis data. Dalam penelitian, karena data bersifat kuantitatif maka teknik analisis data yang digunakan adalah statistik dengan rumus korelasi.
Untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh pemberian reinforcement guru terhadap peningkatan motivasi belajar matematika pada siswa SMP Negeri 1 Sakra Timur, penulis mengolah data hasil penelitian menggunakan rumus korelasi r product moment. Dengan rumus korelasi didapat hasil rxy = 0,430, dengan memilih taraf signifikan 5%. Adapun taraf signifikan 5% didapat rt = 0,316. Hal ini menunjukkan bahwa r hitung lebih besar dari r tabel (rxy > rt) karena rxy > rt, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu ada pengaruh reinforcement guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri 2 Sakra Timur.
Â
Kata Kunci : Reinforcement
References
Acgsanuddin. 2001. Praktik Pengalaman Lapangan (Membentuk Profesionalisme Guru). Malang: PT. Universitas Muhammadiyah Malang.
Amudi Pasaribu. 1983. Pengantar Statistik. PT. Ghalia Indonesia.
Hasibun J, dkk. 1994. Proses Belajar Mengajar (Keterampilan Dasar Pengajaran Mikro). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Jhon Sudjadi H, dkk. 1985. Kamus Lengkap Inggris-Indonesia, Indonesia-Inggris. Jakarta: Indah.
Lex J, Moleong. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moh. Uzer Usman. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Netra I, B. 1994. Statistik Inferensial. Surabaya: PT. Usaha Nasional.
Nyoman Dantes. 1984. Metode Penelitian. Surabaya: Bina Karya.
Oemar Hamalik. 2002. Proses Belajar Mengajar. Surabaya: PT. Usaha Nasional.
Sabana M, Sudarajat, dkk. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: PT. Pustaka Setia.
Sahlah N, I. Pengajaran Mikro. Ujung Pandang: FKIP Ujung Pandang.
Saiful Bahri Djamarah, dkk. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Saiful Bahri Djamarah. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: PT. Usaha Nasional.
Sanatiah, Faisal. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sardiman A, M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto. 1993. Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: PT. Usaha Nasional.
Slameto. 2002. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Surabaya: Usaha Nasional.
Soepomo. 1980. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Bandung: CV. Karya Bandung
Suharsimi, Arikunto. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sumadi, Suryabrata. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suprayekti. 2003. Interaksi Belajar Mengajar. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Sutrisno, Hadi. 1984. Statistik II. Jakarta: Fakultas Psikologi UGM.
Wayan, Nurkencana. 1993. Pemahaman Individu. Surabaya: PT. Usaha Nasional.
Winarno, Surachmad. 1984. Metodologi Research. Surabaya: Usaha Nasional.
Zainal Aqib. 2003. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: PT. Insan Cendekia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)