PENGARUH METODE DRILL MENGGUNAKAN COMPUTER BASED INSTRUCTION (CBI) TERHADAP HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v0i2.1234Abstract
Dalam proses pembelajaran TIK kelas VIII di SMP Negeri 4 Batukliang Utara masih menggunakan metode ceramah, dibuktikan dengan ketidakmampuan siswa dalam mengoprasikan komputer saat proses pembelajaran dimulai. Hal ini menyebabkan siswa tidak mengerti penggunaan komputer dan berakibat pada hasil belajar siswa yang kurang dari KKM yaitu 65, karena pada kenyataannya hasil belajar merupakan indikator paling penting dalam proses belajar. Atas dasar itu peneliti berinisiatif menerapkan Metode Drill meggunakan Computer Based Intruction (CBI). Adapun tujuan dari penelitian iniyaitu untuk mengetahui Pengaruh Metode Drill Menggunakan Computer Based Intruction (CBI) Terhadap hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran TIK di SMP Negeri 4 Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah Tahun pelajaran 2017/2018.Subjek penelitian ini menggunakan Study Populasi dikarenakan jumlah siswa yang kurang dari 100 yaitu 21 siswa, jadi diambil seluruhnya.Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes sebagai metode pokok dan metode dokumentasi sebagai metode pelengkap. Setelah penelitian dilaksanakan, peneliti menganalisa data menggunakan rumus t-test, hasil Uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan df= 21-1= 20(3,696>2,086) sehingga hasil penelitian ini “signifikanâ€. Berdasarkan penelitian ini maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hopotesis alternatif (Ha) diterima.Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Metode Drill Menggunakan Computer Based Instruction (CBI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran TIK di SMP Negeri 4 Batukliang Utara Tahun Pelajaran 2017/2018.
Â
Kunci : Metode Drill, Computer Based Instruction, Hasil Belajar
References
Anitah, Sri W. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Armay, Arief. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam.Jakarta: Ciputat
Asep Herry Hernawan. 2011. Pengembangan Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta : Unversitas Terbuka.
Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inovatif). Bandung : Yrama Widya.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia
Rusman. 2012. Belajar dan pembelajaran berbasis computer. Bandung : alfabeta
Safitri, Wiwit. 2011. Pengaruh Metode Drill Terhadap Prestasi Belajar Al Qur’anHadits Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nu 1 Kalitapen Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2010/2011. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Sudjana, Nana. 2014. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru
_______ 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur peneltian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurikulum & Teknologi Pendidikan FIP UPI
Usman, dkk. 2015. Pembelajaran Berbasis Komputer. Kendari: IAIN Kendari
Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tujuan kompetensi operasional.Jakarta : Budi Aksar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)