EVALUASI STRATEGI PENERAPAN PENDIDIKAN MORAL DI MSI AL AMIN MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v0i2.1237Abstract
Penelitian evaluatif ini dilakukan karena pentingnya menanamkan pendidikan moral sejak dini pada diri peserta didik. Dalam proses kegiatan belajar mengajar maupun diluar kelas pendidikan karakter perlu untuk di tanamkan karena untuk mengetahui dan mengerti mana hal yang baik untuk dilakukan dan mana hal yang tidak baik atau tidak boleh dilakukan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi penanaman pendidikan karakter MSI Al Amin Mataram. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan  hasil  penelitian dan  pembahasan, bahwa strategi penerapan pendidikan moral di MIS Al Amin melalui : 1. Program pengembangan diri meliputi kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan kepala sekolah dan guru dalam mendukung pelaksanaan pendidikan moral. 2. Pengintegrasian dalam mata pelajaran atau pengembangan proses pembelajaran dilakukan guru dengan cara mengaitkan pendidikan moral dengan materi mata pelajaran. 3. Pengembangan Luar sekolah dengan kegiatan ekstrakurikuler seperti Pramuka, Berhitung Membaca dan Menulis untuk kelas 1, drumband, tahfidz, dan TIK serta mengadakan perkemahan bagi siswa kelas IV dan V setiap satu tahun sekali. Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa pendidikan moral di MIS Al Amin sudah termasuk baik.
Â
Kata Kunci: Evaluasi, Pendidikan Moral
References
Elis R, dkk. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.
Agus W. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cheppy H. (1995). Dimensi-Dimensi Pendidikan Moral. Semarang: IKIP Semarang Press.
Dharma K, dkk. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosda Karya Offset.
Emzir. (2011). Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.Jakarta.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Sudarsono. 2015. Evaluasi Diagnostik. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
M. Nazir. 2013. Prosedur Penelitian. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiono. 2010. Evaluasi Pembelajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)