PENGARUH MODEL PAKEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v0i2.1238Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hasil belajar siswa dengan mengembangkan Model PAKEMATIK. Dalam hal ini Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh Model PAKEMATIK terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas VIII di SMP Negeri 1 Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Model yang digunakan dalam menentukan hasil belajar siswa adalah Model PAKEMATIK dengan menggunakan studi popilasi dan sampel, karena jumlah populasi yang lebih dari 100. Sampel yang digunakan berjumlah 25 orang siswa.Metode pengumpulan data menggunakan metode tes sebagai metode pokok dan dokumentasi dan wawancara sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisa data menggunakan rumus t-test. Setelah penelitian dilakukan, data hasil penelitian dimasukkan ke dalam tabel kerja, kemudian dimasukkan ke dalam rumus. Hasil uji-t menunjukkan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel pada taraf signifikansi 5% dengan df=25-1=24 (7,837>2,064), Sehingga penelitian ini dinyatakan signifikan.Dan berdasarkan penemuan penelitian, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan sebaliknya hipotesis alternatif (Ha) diterima.Maka, dapat disimpulkan ada pengaruh Model PAKEMATIK terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas VIII di SMP Negeri 1 Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah tahun pelajaran 2017/2018. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini “signifikanâ€.
Â
Kata Kunci: Model Pakematik, Hasil Belajar.
References
Aqib, Zainal. (2013). Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif).Bandung: YramaWidya
Arikunto.(2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
¬¬¬________. (2010). Prosedur peneltian suatu pendekata npraktik. Jakarta: RinekaCipta.
Denidan Darmawan. (2011). Teknologi pembelajaran. Bandung PT.Remaja Rosdakarya bandung.
Ginanjar. (2010). Pengembangan Model PAKEM. Jakarta. PT. Asdi Mahasatya
Hasbi.(2014).Pengembangan model pembelajaran motori kde gan motifikasi permainan untuk SD. Yogyakarta.
Jamal Ma’mur.(2011). 7 tips aplikasi PAKEM (Pembelajaran, aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan) jl.Wonosari, Batu retno Banguntapan Jogjakarta.
Kasiram. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif-Kualitatif. Malang: UIN Malang Press.
Khaeruman,dkk.(2015).Trik-Trik Mengajar. Mataram: Fakultas Pendidikan Matematika Dan IPA IKIP Mataram.
Margono.(2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: RinekaCipta.
Miarso.(2011).Menyemai benih teknologi pendidikan. Jakarta. Prenada media.
Rahayu,Diyah,dkk.(2008). Membedakan Pengertian Teknologi Pendidikan Dengan Teknologi Pembelajaran.Jakarta:UIJ
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)