PENGARUH MODEL PAKEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK

Authors

  • Halimah Halimah IKIP Mataram, Indonesia
  • Zinnurain Zinnurain IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtp.v0i2.1238

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hasil belajar siswa dengan mengembangkan Model PAKEMATIK. Dalam hal ini Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh Model PAKEMATIK terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas VIII di SMP Negeri 1 Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Model yang digunakan dalam menentukan hasil belajar siswa adalah Model PAKEMATIK dengan menggunakan studi popilasi dan sampel, karena jumlah populasi yang lebih dari 100. Sampel yang digunakan berjumlah 25 orang siswa.Metode pengumpulan data menggunakan metode tes sebagai metode pokok dan dokumentasi dan wawancara sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisa data menggunakan rumus t-test. Setelah penelitian dilakukan, data hasil penelitian dimasukkan ke dalam tabel kerja, kemudian dimasukkan ke dalam rumus. Hasil uji-t menunjukkan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel pada taraf signifikansi 5% dengan df=25-1=24 (7,837>2,064), Sehingga penelitian ini dinyatakan signifikan.Dan berdasarkan penemuan penelitian, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan sebaliknya hipotesis alternatif (Ha) diterima.Maka, dapat disimpulkan ada pengaruh Model PAKEMATIK terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas VIII di SMP Negeri 1 Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah tahun pelajaran 2017/2018. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini “signifikanâ€.

 

Kata Kunci: Model Pakematik, Hasil Belajar.

References

Aqib, Zainal. (2013). Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif).Bandung: YramaWidya

Arikunto.(2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

¬¬¬________. (2010). Prosedur peneltian suatu pendekata npraktik. Jakarta: RinekaCipta.

Denidan Darmawan. (2011). Teknologi pembelajaran. Bandung PT.Remaja Rosdakarya bandung.

Ginanjar. (2010). Pengembangan Model PAKEM. Jakarta. PT. Asdi Mahasatya

Hasbi.(2014).Pengembangan model pembelajaran motori kde gan motifikasi permainan untuk SD. Yogyakarta.

Jamal Ma’mur.(2011). 7 tips aplikasi PAKEM (Pembelajaran, aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan) jl.Wonosari, Batu retno Banguntapan Jogjakarta.

Kasiram. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif-Kualitatif. Malang: UIN Malang Press.

Khaeruman,dkk.(2015).Trik-Trik Mengajar. Mataram: Fakultas Pendidikan Matematika Dan IPA IKIP Mataram.

Margono.(2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: RinekaCipta.

Miarso.(2011).Menyemai benih teknologi pendidikan. Jakarta. Prenada media.

Rahayu,Diyah,dkk.(2008). Membedakan Pengertian Teknologi Pendidikan Dengan Teknologi Pembelajaran.Jakarta:UIJ

Downloads

Published

2019-02-08

How to Cite

Halimah, H., & Zinnurain, Z. (2019). PENGARUH MODEL PAKEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, (2), 41–50. https://doi.org/10.33394/jtp.v0i2.1238

Issue

Section

Articles

Citation Check